Satwa Bawah Laut Nan Eksotis, Ikan Pari Manta

Pertanianku – Satwa bawah laut nan eksotis ikan pari manta menjadi primadona di alam bawah laut Indonesia. Untuk bertemu ikan tersebut. Anda harus mendatangi beberapa tempat ini. Ikan pari manta merupakan ikan pari yang besar dan sering membuat diver terkagum-kagum.

Satwa Bawah Laut Nan Eksotis, Ikan Pari Manta

Hewan laut yang satu ini tak bisa ditemui di sembarang tempat. Di Indonesia sendiri ada tiga tempat yang terkenal sering terlihat penampakan pari manta yaitu di Pulau Komodo, Sangalaki dan Raja Ampat.  Lalu, bagaimana cara bertemu satwa bawah laut nan eksotis ikan pari manta? Dilansir DetikTravel (3/6). Berikut 3 tempat yang harus Anda datangi untuk bertemu ikan pari manta.

  1. Pulau Komodo, Flores, NTT

Ada beberapa spot diving yang bisa Anda didatangi di Pulau Komodo, salah satunya adalah Manta Point. Persis seperti namanya, di sini wisatawan dapat menyelam dan bertemu dengan Satwa bawah laut nan eksotis ikan pari manta. Untuk waktu paling tepat bertemu ikan pari manta pada bulan November. Karena di bulan inilah pari manta terlihat sering berseliweran di perairan Pulau Komodo.

Jika sedang beruntung, wisatawan bisa dikepung oleh ikan ini. Karena di Manta Point, banyak sekali yang berenang dengan santainya. Bahkan, jika sedang begitu banyak, tak perlu diving pun Anda dapat melihatnya. Karena pari manta bisa dilihat meski dengan cara snorkeling saja.  Ikan pari manta punya kebiasaan berenang di dekat permukaan air. Sehingga memudahkan diver yang ingin melihatnya. Yang harus Anda ketahui, meski ikan pari manta bukan ikan yang ganas, jangan sekali-kali memegangnya. Cukup melihat keindahannya dengan kedua mata saja.

  1. Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur

Sangalaki adalah salah satu pulau di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Di sini adalah tempat tepat bagi wisatawan yang ingin bertemu dengan satwa bawah laut nan eksotis ikan pari manta. Tidak sembarang waktu, karena saat terbaik mencari penampakan pari manta adalah pada bulan Mei–Juni. Pada saat itulah musimnya pari manta.

Baca Juga:  Perilaku Alami Musang, Hewan Menggemaskan yang Mengeluarkan Aroma

Butuh usaha untuk bertemu dengan ikan ini. Karena tidak semua manta mau berenang ke permukaan. Kebanyakan dari mereka senang berenang di air dalam sehingg harus diving dahulu.  Namun, usaha pun setara dengan hasilnya. Karena jika Anda bertemu ikan pari manta, melihat bagaimana mereka mengepakkan sayapnya dengan anggun, sungguh pemandangan luar biasa.  Sangalaki sudah terkenal sebagai spot diving. Wisatawan pun bisa bermalam di dive lodge atau di salah satu penginapan atau homestay yang tersedia di sana.

  1. Raja Ampat, Papua Barat

Satu lagi tempat yang tak kalah keren untuk bertemu pari manta adalah Raja Ampat di Papua Barat. Di kawasan Kapisawar, ada Manta Point yang bisa diselami.  Seperti namanya, di sinilah tempat yang memiliki kemungkinan paling besar bagi traveler untuk bertemu hewan laut raksasa yang anggun ini. Ada dua cara untuk melihat mereka yaitu snorkeling atau diving.

Jika puas hanya melihat dari permukaan, wisatawan bisa memilih snorkeling. Namun, jika ingin melihatnya lebih dekat, Anda bisa memilih diving dan menyelam ke kedalaman di mana pari manta berada. Sudah terkenal dengan kehadiran hewan yang satu ini, tidak ada waktu khusus untuk ke point ini. Kapan saja bias Anda lihat, hanya waktu terbaiknya adalah pukul 12.00–14.00 WIT. Karena di perairan Raja Ampat ini, pari manta senang berkembang biak. Oleh karena itulah cukup mudah menemui hewan yang satu ini di sana.

Jika Anda ingin diving di sini, dibutuhkan lisence untuk bisa mendapat izin. Karena arus yang ada di sini agak kencang sehingga butuh kemampuan lebih untuk bertahan diving di sini. Wisatawan dapat menyelam ke kedalaman 10–15 meter untuk melihat ikan ini lebih dekat. Di bawah sana, kawasan black manta siap mempesona setiap mata yang melihat.

Baca Juga:  Memahami Perilaku Alami Burung Puyuh