Sawah Seluas 5,9 Hektare Rusak Akibat Banjir di Bondowoso


Pertanianku — Banjir menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, pada Minggu (7/1/2018). Banjir merendam areal lahan pertanian milik masyarakat seperti yang terjadi di Desa Jeruk Sok-sok, Dusun Jati, Kecamatan Binakal, Bondowoso. Sawah seluas 5,9 hektare rusak akibat banjir tersebut.

Sawah seluas 5,9 hektare rusak akibat banjir
Pixabay

Kepala Dinas Pertanian Bondowoso Munandar mengatakan, tak bisa memberikan asuransi kepada pemilik sawah yang rusak akibat banjir. Hal itu karena sawah itu tidak didaftarkan dalam program asuransi pertanian.

“Banjir kemarin merusak tanaman padi 5,9 hektare dan tanaman cabai di Desa Jeruk Sok-sok, Dusun Jati. Petugas Penyuluh Lapangan sudah berada di lokasi untuk pendataan. Sementara total kerugian sekitar Rp41 juta,” kata Munandar sepeti dilansir dari KBR, Senin (8/1/2018).

Namun demikian, Munandar mengatakan, meski tak memberikan asuransi Dinas Pertanian akan memberikan bantuan bibit gratis kepada petani yang sawahnya terendam banjir.

“Tahun ini kami mengalokasikan bantuan bibit gratis untuk sekitar 100 hektare sawah. Nanti skemanya bagaimana akan kami bahas lebih lanjut,” ujar dia.

Pada Minggu 7 Januari 2018 setidaknya ada tiga bencana banjir yang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Selain di Desa Jeruk Sok-sok, Kecamatan Binakal, banjir juga menerjang tiga desa di Kecamatan Ijen dan dua desa di Kecamatan Botolinggo.

Baca Juga:  Cara Menanam Kentang Menggunakan Mulsa