Sayur dan Buah yang Banyak Mengandung Pestisida

Pertanianku — Sayur dan buah merupakan bahan makanan yang menyehatkan. Akan tetapi, tak semuanya aman bagi tubuh Anda. Ada beberapa sayur dan buah yang banyak mengandung pestisida. Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati saat mengolah sayur dan buah ini.

sayur dan buah yang banyak mengandung pestisida
Foto: Pixabay

Untuk menghindari bahaya pestisida, sebaiknya Anda lebih teliti dalam memilih sayur dan buah. Caranya mudah, yaitu dengan memperhatikan apakah daun pada sayuran terdapat lubang bekas digigit ulat atau tidak. Jika ada beberapa lubang, berarti sayur tersebut aman untuk dikonsumsi.

Melansir Shared (22/03/2019), setiap tahun kelompok aktivis Environmental Working Group (EWG) mencantumkan 12 buah dan sayuran yang mereka sebut sebagai “The Dirty Dozen” yang telah memproduksi jumlah pestisida tertinggi dan berdasarkan data dari Departemen Pertanian Amerika.

Loading...

Daftar tahun ini adalah menjadi berita buruk bagi yang sering mengonsumsi makanan sehat dan bersih. Karena sayuran sehat seperti kangkung, bayam, dan seledri semuanya termasuk yang terburuk untuk risiko pestisida. Bahkan, kale ternyata yang paling buruk dalam penelitian tahun ini, karena 92 persen dari sampel yang diuji memiliki dua bahkan lebih pestisida, meskipun telah dicuci.

Di sisi lain, EWG mendaftarkan “Clean Fifteen”, yaitu produk tahun ini yang menghasilkan residu paling sedikit. Ini berita yang menggembirakan bagi orang-orang yang gemar dengan alpukat, nanas, dan kembang kol.

Jika Anda khawatir terhadap pestisida karena takut ada pada makanan, EWG merekomendasikan untuk belanja produk organik. Akan tetapi, jika Anda tidak mampu membeli produk organik, mereka mengatakan Anda tidak perlu khawatir tentang pestisida yang ada pada buah dan sayuran Anda.

“Manfaat kesehatan dari diet Anda yang kaya dengan buah-buahan dan sayuran akan lebih besar daripada risiko pestisida,” kata peneliti EWG Carla Burns dalam siaran pers tentang daftar tahun ini.

Baca Juga:  5 Tips Mudah Mengolah Sayur Tetap Hijau

Sayuran organik juga tidak selalu bebas dari pestisida. Bahkan, biasanya mereka juga tidak disemprot dengan pestisida sintetis. Cara mudah untuk membersihkan dari pestisida adalah dengan mencuci buah dan sayuran di bawah air keran dingin. Cara ini dapat membantu menghilangkan residu pestisida.

Daftar lengkap “Dirty Dozen” alias buah dan sayur yang mengandung pestisida menurut Shared di antaranya stroberi, bayam, apel, anggur, ceri, buah pir, tomat, seledri, dan kentang. Jika Anda ingin menikmati, sayur dan buah ini sebaiknya dicuci bersih. Apel dapat dikonsumsi tanpa kulit untuk mencegah paparan pestisida.

Loading...
Loading...