Sayur Sebagai Elemen Taman yang Multifungsi

Pertanianku — Umumnya, taman diisi oleh tanaman hias yang cantik atau tanaman obat. Masih sedikit yang memanfaatkan sayur sebagai salah satu elemen taman, padahal tanaman sayur juga bisa menambah kecantikan taman sayur apabila dikelola dengan benar. Selain menambah keindahan, tanaman tersebut tentu dapat dimanfaatkan sebagai bahan pagan.

taman sayuran
foto: Pertanianku

Sebelum menggunakan tanaman sayur sebagai elemen taman, Anda perlu mempertimbangkan keindahan, privasi, kenikmatan, keamanan, kenyamanan, fleksibilitas, rekreasi, sumber makanan, hiburan, dan tingkat kesulitan dalam perawatan. Anda perlu mempertimbangkan ukuran pekarangan terlebih dahulu saat merancang taman agar dapat memenuhi beberapa faktor tadi.

Di negara maju, kesadaran akan manfaat sayur dan buah segar untuk kesehatan tubuh sudah cukup tinggi sehingga banyak masyarakat yang mulai menjadikan tanaman buah dan sayur sebagai elemen penting dari landscape pekarangan rumah. Sebab, tanaman sayur dan buah tersebut juga dapat memberikan nilai estetika selain memberikan fungsinya sebagai penghasil sayur dan buah.

Misalnya, tanaman tomat yang kaya akan vitamin C dapat lebih menghidupkan nuansa taman karena buahnya berwarna merah dengan bentuk yang bagus. Begitu pun dengan tanaman selada dan seledri yang selama ini Anda olah sebagai makanan. Kedua jenis sayur-sayuran tersebut memiliki sosok daun yang indah dan unik dipandang.

Demikian dengan tanaman katuk, mangkokan, kedondong, dan beluntas. Tanaman-tanaman tersebut dapat berfungsi sebagai tanaman pagar yang indah dan daun tanaman dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi.

Tanaman yang berasal dari keluarga kubis-kubisan seperti kol, brokoli, dan cauliflower akan sangat indah bila ditanam bersamaan dalam satu kelompok. Tanaman-tanaman tersebut dapat membentuk rangkaian yang indah.

Penataan tanaman sayur tidak hanya dapat dilakukan pada lahan. Tanaman tersebut juga dapat ditata dengan menggunakan pot, polibag, vertikultur, atau dikombinasikan agar penampilannya lebih bervariatif.

Baca Juga:  Tanaman Lada yang Bagus untuk Dijadikan Bahan Setek

Agar proses bertanam berjalan lancar, Anda perlu mempersiapkan segala kebutuhannya terlebih dahulu seperti media tanam, benih, pot, pupuk, pestisida, dan peralatan pendukung.

Dalam pembuatan taman, Anda perlu memerhatikan empat komponen, yakni tema, gradasi, kontras, dan kontrol. Sederhananya, Anda perlu memadupadankan antara prinsip-prinsip tersebut dan memilih elemen desain yang tepat agar tercipta suatu taman yang indah.