Sayur yang Kaya Vitamin C, Bagus untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pertanianku Vitamin C sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi di tengah pandemi Covid-19. Tubuh Anda harus dalam keadaan prima agar tidak mudah terpapar oleh virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Vitamin bisa didapatkan secara alami dari sayur mayur yang dikonsumsi setiap hari. Berikut ini beberapa sayuran yang berperan sebagai sumber vitamin bagi tubuh Anda.

vitamin C
foto: pixabay

Bawang bombai

Bawan bombai sudah tersebar di seluruh dunia, mulai dari Asia Tengah, Iran, Pakistan, hingga ke bagian selatan Rusia. Bawang ini berukuran jumbo karena ukurannya bisa mencapai 10 cm dan berbentuk bulat atau oval. Umbi bawang bombai seperti bawang lainnya yang berlapis, tetapi tebal, lunak, dan berdaging. Bawang bombai yang masih satu rumpun dengan bawang merah terkenal kaya akan vitamin C dan B6 serta biotin, kromium, dan serat.

Loading...

Brokoli

Daun dan sifat tanaman brokoli hampir sama seperti kembang kol, hanya saja bunga brokoli berwarna tua dan masa tumbuhnya lebih lama dibandingkan kembang kol. Brokoli sangat nikmat direbus atau ditumis selama beberapa menit. Perebusan yang terlalu lama dapat menghilangkan khasiat yang terkandung di dalam brokoli. Sayuran ini terkenal dengan kandungan vitamin C, K, beta karoten, asam folat, kalsium, zat besi, dan serat yang cukup tinggi.

Jagung

Sebenarnya, jagung tidak sepenuhnya masuk kelompok sayuran karena jagung masih termasuk keluarga rumput-rumputan. Namun, jagung lebih masuk jenis biji-bijian. Jagung berasal dari Meksiko dan memiliki biji yang rasanya manis serta netral. Jagung terkenal sebagai sumber vitamin C, asam folat, serta karbohidrat yang dapat memberikan energi dalam rentang waktu yang cepat.

Kembang kol

Kandungan viamin C di dalam kembang kol terbilang cukup tinggi. Sayuran yang termasuk Cruciferae ini mengandung zat aktif yang dapat mencegah munculnya kanker. Sayuran ini terdiri atas bunga-bunga kecil yang masih kuncup, bertangkai pendek, dan tersusun dalam rangkaian bonggol. Warna putih pada kembang kol menandakan kurangnya kadar karoten dan klorofil dibanding sayuran kubis-kubisan yang lain.

Baca Juga:  Balitbangtan Mengembangkan Varietas Kacang Tanah Tahan Penyakit

Mentimun

Mentimun merupakan sayuran tropis asli dari Asia Tenggara, berbentuk bulat panjang, tumbuh bergelantungan, bagian pangkal terlihat berbintil, serta mengandung banyak air. Sayuran mentimun terkenal sebagai sumber vitamin C, A, dan asam folat yang bagus untuk tubuh.

Loading...
Loading...