Sayuran Amaranthaceae yang Sering Dikonsumsi

PertaniankuSayuran Amaranthaceae merupakan bayam-bayaman yang berciri-ciri daun tunggal, ujungnya meruncing, lunak, dan lebar. Tanaman sayur ini berbatang lunak dan berwarna hijau keputih-putihan, putih kemerah-merahan, atau hijau.

Sayuran Amaranthaceae
foto: pertanianku

Bunga tanaman Amaranthaceae berukuran kecil dan muncul dari ketiak daun serta ujung batang pada rangkaian tandan. Tanaman ini memiliki buah yang tidak berdaging, tetapi bijinya sangat banyak, kecil, bulat, dan mudah pecah. Tanaman ini berakar tunggang dan berakar samping. Bagian akar sampingnya cukup kuat dan dalam.

Bayam merupakan satu-satunya jenis sayuran yang masuk famili Amaranthaceae. Bayam atau Amaranthus sp. berbentuk perdu atau semak. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang disukai oleh orang Indonesia karena rasanya enak, lunak, memperlancar saluran pencernaan, dan mudah didapat.

Loading...

Bayam juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, di antaranya vitamin A, B, dan C, serta beberapa kandungan garam-garam mineral seperti kalsium, fosfor, dan besi.

Ada jenis bayam yang biasa dibudidayakan, tetapi ada juga tanaman bayam yang tidak dibudidayakan atau biasa dikenal dengan bayam liar. Ada dua jenis bayam liar, yaitu bayam tanah dan bayam berduri. Bayam liar sebenarnya enak dimakan, tetapi teksturnya keras dan kasap. Selain itu, warna batang tanaman kemerah-merahan.

Sementara itu, bayam yang biasa ditanam diperbanyak melalui biji tanaman yang berwarna hitam. Bayam yang biasa ditanam adalah bayam cabut dan bayam tahun.

Bayam cabut atau Amaranthus tricolor L. biasa disebut sebagai bayam sekul, ada yang berwarna merah dan hijau keputih-putihan. Varietas bayam hijau yang bisa Anda jumpai adalah giti hijau dan giti merah.

Adapun bayam tahun atau Amaranthus hybridus L. juga disebut sebagai bayam sekop atau bayam kakap berdaun lebar. Ada dua varietas bayam tahun yang bisa Anda jumpai, yaitu caudaus dan paniculatus.

Baca Juga:  Menanam Padi Secara Hidroponik, Memangnya Bisa?

Caudaus berdaun agak panjang, berujung, runcing dan berwarna hijau atau merah tua. Sementara itu, bayam paniculatus memiliki daun lebar dan berwarna hijau.

Ada juga bayam tahunan yang dikenal dengan nama bayam maksi atau Amaranthus hypochondriacus. Bayam maksi memiliki biji tanaman yang enak dimakan dan sering diolah menjadi bubur atau campuran roti.

 

 

 

 

Loading...
Loading...