Sayuran Buah yang Mudah Ditanam

Pertanianku — Tanaman sayuran buah sangat berpotensial untuk ditanam di lingkungan perkotaan. Jenis sayuran buah yang paling sering diburu adalah cabai, timun, tomat, terung, dan lain-lain. Sayuran buah tersebut bisa ditanam dengan berbagai macam sistem bertanam yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi Anda. Berikut ini beberapa macam sayuran buah yang mudah ditanam oleh pemula.

sayuran buah
foto: pertanianku

Tomat

Tomat merupakan salah satu sayuran buah yang paling disukai orang karena rasanya yang lezat, menyegarkan, segar, dan sedikit asam. Tanaman tomat biasanya berbentuk perdu, kecuali tanaman tomat liar yang berbatang sangat panjang dan tumbuh menjalar serta umurnya lebih dari satu tahun.

Loading...

Tomat bisa ditanam di dataran tinggi ataupun dataran rendah. Anda hanya perlu menyesuaikan varietas tanaman yang sesuai dengan kondisi ketinggian lokasi pertanaman. Tomat membutuhkan tanah gembur, sedikit berpasir, dan subur. Waktu yang tepat untuk menanam tomat adalah 2 bulan sebelum akhir musim hujan.

Terung

Daging terung terasa kenyal dan tidak berair. Meski rasanya tidak selezat tomat, sayuran ini tetap memiliki banyak peminat di Indonesia. Terung bisa ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Oleh karena itu, terung sering ditanam di pekarangan.

Lahan pertanaman yang digunakan harus subur, air tanah tidak menggenang, dan pH-nya sekitar 5—6. Terung cocok ditanam pada musim kemarau, tetapi tetap bisa ditanam pada musim hujan.

Cabai

Siapa yang tidak mengenal cabai, sayuran buah berukuran kecil tetapi efek pedasnya bisa membuat lidah seperti terbakar. Cabai mengandung zat capsaicin yang pedas dan mampu merangsang nafsu makan.

Cabai mudah ditanam, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Oleh karena itu, cabai sangat mudah ditanam di pekarangan. Syarat yang harus dipenuhi untuk menanam cabai adalah tanah berhumus, gembur, bersarang, dan pH tanahnya sekitar 5—6.

Baca Juga:  Ciri-ciri Bibit Durian yang Berkualitas

Tanaman cabai kurang tahan terhadap hujan sehingga lebih cocok ditanam pada musim kemarau. Namun, cabai tetap bisa ditanam pada musim hujan dengan perlakuan khusus.

Ranti

Ranti atau lebih dikenal dengan leunca merupakan sayuran buah yang sangat mudah dijumpai di restoran atau rumah makan khas Sunda. Sayuran ini sering digunakan sebagai sayur campuran atau lalapan. Ranti bisa ditanam di dataran tinggi ataupun rendah, baik di daerah terbuka maupun yang terlindungi.

Mentimun

Buah mentimun mengandung vitamin A, B, dan C. Sayuran buah ini digemari oleh orang Indonesia karena rasanya yang segar, sedikit berair, dan memberikan sensasi dingin. Timun dapat tumbuh baik di dataran rendah dan dataran tinggi. Tanah yang digunakan harus subur, pH tanah sekitar 6—7, dan lahannya harus terbuka.

 

 

Loading...
Loading...