Sayuran Hidroponik Kaya Klorofil, Ini Buktinya


Pertanianku – Mengonsumsi sayuran memang menjadi kewajiban setiap orang. Hal ini karena sayuran mengandung serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain berserat tinggi, sayuran hijau juga kaya akan manfaat.

Foto: pixabay

Untuk itu, banyak orang kini tertarik menanam sayuran sendiri karena dianggap lebih menyehatkan dan juga kesegaran terjaga. Nah, bercocok tanam secara hidroponik menjadi salah satu solusi cerdasnya. Banyak juga ibu rumah tangga yang tertarik untuk mengembangkan dan membudidayakan sayuran hidroponik.

Pasalnya, kini sayuran hidroponik lebih menjadi pilihan masyarakat karena dianggap lebih sehat karena tidak memakai pestisida kimia. Bahkan, bercocok tanam secara hidroponik dapat dilakukan di area rumah atau bahkan di gedung perkantoran.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr. Achmad Yurianto mengatakan, sayuran sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena itu, setiap orang harus mengonsumsinya setiap hari.

“Sayur itu sehat dan dibutuhkan oleh tubuh kita karena kandungan nutrisinya cukup tinggi,” ujar Yuri, seperti dikutip Okezone.

Menerapkan teknik hidroponik sebenarnya cukup mudah dan praktis. Anda bisa menggunakan wadah bekas untuk menanam bibit tanaman yang bebas pupuk dan pestisida. Cukup siapkan bahan-bahan bekas rumah tangga yang tidak terpakai seperti wadah baskom, gelas, kaleng cat, paralon bekas, ember kecil, dan lainnya.

Jenis tanaman yang mudah tumbuh bila ditanam dengan teknik hidroponik, yaitu sawi, selada, pak coy, bayam, kangkung, serta semua jenis sayuran hijau lainnya.

Anda hanya perlu membeli bibit sayuran tersebut, kemudian siapkan tanah dan air yang berkualitas agar tanaman tersebut tumbuh sempurna. Jangan gunakan pupuk atau pestisida karena dapat memicu penyakit.

Baca Juga:  Inilah Khasiat Tak terduga dari Jus Bayam
loading...
loading...