Sayuran Hijau Jadi Antibiotik di Masa Depan, Kok Bisa?


Pertanianku – Seperti yang banyak orang ketahui, bahwa mengonsumsi sayuran hijau merupakan suatu keharusan bagi manusia. Sayuran hijau sendiri dapat memberikan nutrisi yang baik guna menunjang kesehatan. Bahkan, baru-baru ini terdapat sebuah studi yang menunjukkan makanan kaya serat ini di masa depan berpotensi menjadi antibiotik. Sungguh luar biasa bukan?!

Foto: pixabay

Hal ini terjadi setelah sebelumnya para peneliti melakukan sebuah riset. Dalam studi tersebut ditemukan bagaimana bakteri memakan molekul gula yang tidak biasa ditemukan di dalam sayuran berdaun hijau.

Temuan ini menjelaskan bagaimana bakteri baik dapat melindungi usus dan meningkatkan kesehatan. Peneliti dari Melbourne dan Inggris meyakini bahwa sayuran hijau penting untuk memberi makan bakteri usus yang baik dan membatasi kemampuan bakteri jahat menguasai usus manusia.

Oleh karena itu, mereka mengidentifikasi enzim yang sebelumnya tidak diketahui, tapi digunakan bakteri, jamur, dan organisme lain untuk memberi makan usus yang semuanya itu ditemukan dalam sayuran hijau. Setiap tahun, sayuran berdaun hijau seperti bayam memproduksi gula pada skala yang besar, sebanding dengan total produksi bijih besi tahunan dunia.

Baca Juga:  Tak Disangka, Ternyata Ini Manfaat Kubis Ungu
loading...
loading...