Sayuran Hijau Tawarkan Sejuta Manfaat Sehat untuk Tubuh


Pertanianku – Mengonsumsi sayuran memang sangat disarankan oleh ahli kesehatan. Pasalnya, jika kita rutin mengonsumsi sayuran selain menyehatkan sistem pencernaan, kita juga akan mendapat manfaat lainnya seperti menjaga kesehatan dan kecantikan. Terlebih lagi jika mengonsumsi sayuran berwarna hijau.

Sebagaimana melansir Times of India baru-baru ini, makanan berwarna hijau seperti sayuran sudah bukan hal asing lagi bagi masyarakat atas kandungannya. Dengan diperkaya banyak vitamin, makanan ini bisa membantu mengurangi lemak yang tidak perlu. Bahan ini juga bagus untuk mendapatkan pencernaan yang sehat.

Asam folat yang terkandung pada makanan itu juga dapat membantu tubuh memproduksi dan memelihara sel baru. Sayuran hijau seperti kacang polong, kacang-kacangan, dan asparagus diketahui banyak mengandung asam folat.

Mengonsumsi sayuran hijau juga diketahui mengandung fitokimia seperti lutein dan zeaxanthin. Kandungan ini dianggap mampu mengurangi faktor risiko katarak dan degenerasi makula, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada lansia. Makanan ini juga baik untuk mengurangi risiko jenis kanker tertentu.

Manfaat mengonsumsi sayuran hijau tak hanya itu saja. Sayuran hijau sangat ramah bagi para penderita diabetes, mengingat kadar gulanya yang rendah. Zat besi dan kalsium yang terkandung di dalamnya juga bagus untuk menciptakan tulang dan otot yang kuat. Selain itu, beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A juga bisa membantu fungsi kekebalan tubuh lebih baik.

Baca Juga:  Kafein Juga Bisa Bikin Overdosis
loading...
loading...