Sayuran Solanaceae yang Sering Dikonsumsi

Pertanianku Sayuran solanaceae merupakan tanaman terung-terungan yang biasanya dicirikan dengan batang dan daun yang berbulu halus hingga kasar. Ada beberapa sayuran solanaceae yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, di antaranya kentang, tomat, cabai, terung, dan ranti. Simak ulasan sayur-sayuran solanaceae yang sering dikonsumsi beserta manfaatnya.

sayuran solanaceae
foto: pixabay

Terung (Solanum melongena)

Tanaman terung berbentuk perdu yang berakar tunggang dengan bagian akar samping yang dangkal. Terung termasuk tanaman sayuran dataran rendah semusim. Bentuk buah terung cukup beragam, ada yang bulat, lonjong, atau bulat panjang. Buahnya berwarna ungu, tetapi ada juga yang berwarna putih dan hijau bergaris putih.

Daging buah terung kenyal, tetapi tidak berair seperti tomat. Terung mengandung vitamin B dan C. Kulit buahnya liat, tetapi saat digigit rasanya renyah. Terung sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena mudah didapatkan dengan harga yang murah.

Cabai (Capsicum annuum)

Cabai merupakan tanaman semusim yang berbentuk perdu dengan akar tunggang dan akar samping yang dangkal. Buah cabai yang masih muda berwarna hijau atau kekuningan. Sementara itu, buah yang sudah tua berwarna merah atau kuning. Cabai mengandung zat capsaicin yang pedas dan merangsang.

Buah cabai mengandung minyak atheris yang dapat memberikan sensasi pedas dan panas. Cabai juga mengandung vitamin A dan C yang baik untuk tubuh.

Ranti (Solanum nigrum)

Ranti lebih dikenal dengan nama leunca merupakan tanaman semusim yang tinggi batangnya bisa mencapai 0,5 m. Buahnya terdapat di dalam tandan berbentuk bulat dan kecil. Buah ranti sering digunakan sebagai sayuran tambahan atau sayur lalap.

Ranti mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Di Jawa Barat, ranti sangat disukai karena teksturnya yang renyah dan sedikit masam serta agak langu.

Baca Juga:  Mitos Abu Jerami untuk Menyuburkan Tanah

Kentang (Solanum tuberosum)

Kentang merupakan tanaman semusim berbentuk perdu. Akar tanaman kentang adalah tunggang. Kentang bisa membentuk umbi di atas tanah, umbi tersebut akan berwarna hijau dan beracun. Kentang disukai oleh semua orang karena bisa menjadi sumber energi untuk tubuh. Kentang mengandung vitamin B, C, dan A, serta karbohidrat yang menjadi sumber energi untuk tubuh.

Tomat (Lycopersicon esulentum)

Tomat merupakan tanaman sayur yang digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak, segar, dan sedikit masam. Tomat yang sudah tua dan berwarna merah merupakan sumber vitamin A dan C yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan vitamin A di dalam tomat lebih tinggi 2—3 kali dari semangka.

 

 

 

 

 


loading...