Sayuran Unik yang Tidak Banyak Dilirik

Pertanianku — Tidak banyak yang tahu, ada beberapa jenis sayuran unik di dunia ini. Keberadaan sayuran unik ini tidak banyak dikulik karena bentuknya yang masih belum dapat diterima oleh umum. Alasan lainnya juga karena budidaya sayuran ini belum begitu luas dan dibudidayakan dalam jumlah banyak. Namun, bagi masyarakat lokal setempat, sayuran ini bisa diolah menjadi hidangan lezat yang kaya akan kandungan zat gizi.

sayuran unik
foto: pixabay

Romanesco

Hampir mirip seperti bunga kol, sayuran ini memiliki warna hijau cerah yang mencolok. Bisa dibilang romanesco masih berkerabat dengan bunga kol itu sendiri. Walaupun tidak populer, sayuran ini kaya akan berbagai kandungan yang baik bagi tubuh. Mulai dari vitamin C, vitamin K, dan kandungan lainnya.

Loading...

Daikon

Sekilas, penampilan daikon hampir mirip dengan wortel. Hanya saja, rasanya lebih pedas dan digunakan pada beberapa jenis masakan Asia. Sayuran ini mengandung vitamin C, kalium, tembaga, dan asam folat yang baik bagi perkembangan manusia.

Dulse

Dulse adalah salah satu jenis rumput laut yang terdapat di wilayah Atlantik Utara. Oleh masyarakat setempat, tumbuhan ini digunakan sebagai bahan baku masakan. Salah satu olahan dulse yang paling diminati adalah sup casserole. Kandungan vitamin B pada rumput laut ini cukup tinggi. Selain itu, dulse juga mengandung serat dan merupakan sumber protein.

Mashua

Daerah Amerika Selatan kaya akan tanaman ini. Mashua merupakan umbi berwarna kuning, merah, dan ungu yang digunakan sebagai lalapan alias dimakan mentah-mentah oleh penduduk lokal setempat. Rasanya sedikit pedas menjadikan umbi ini banyak diminati.

Yardlong

Salah satu varian kacang polong hijau ini merupakan tanaman yang tumbuh subur di daratan Cina. Tak heran bila nama lain bagi yardlong adalah kacang panjang Cina. Biasanya, sayuran ini diolah dengan cara dicampur dalam masakan tumisan khas Tiongkok.

Baca Juga:  Cara Menanam Kacang Panjang yang Benar

Shampire

Bentuk shampire hampir mirip dengan asparagus. Sebutan bagi sayuran ini adalah asparagus laut. Shampire sering digunakan sebagai sayuran pelengkap pada berbagai hidangan olahan ikan. Di Ingris, acar shampire digunakan sebagai tambahan menu salad.

Loading...
Loading...