Sayuran yang Cocok untuk Penderita Asam Urat

Pertanianku — Penderita asam urat tidak boleh memakan makanan yang mengandung purin. Makanan tersebut sebaiknya dapat menurunkan kadar uric acid. Berikut ini beberapa jenis sayuran yang cocok untuk penderita asam urat.

ASAM URAT
foto: PIxabay

Kentang

Di dalam umbi kentang terdapat zat antiradang atau potassium dan vitamin B6. Kandungan tersebut diketahui dapat meringankan pembengkakan atau nyeri. Tak heran, kentang sering dikonsumsi oleh penderita asam urat yang sedang diet. Kentang dikenal rendah lemak sehingga bagus dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol dan menjaga pola makan.

Wortel

Sayuran yang terkenal sangat baik untuk mata karena kaya akan vitamin A ini, ternyata juga baik untuk penderita asam urat dan kolesterol. Di dalam umbi wortel terdapat vitamin K, folat, magnesium, dan serat. Wortel yang dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan sendi. Anda bisa mengonsumsi wortel dengan cara dikukus, dibuat sup, atau dijus.

Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C yang dapat memberikan dampak positif bagi penderita asam urat. Selain itu, sayuran ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh karena mengandung kromium dan potassium.

Tomat

Dalam tomat terkandung sejumlah zat bermanfaat, seperti karbohidrat, zat besi, protein, kalium, fosfor, serat, dan berbagai vitamin. Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, minyak pada tomat dipercaya mampu membantu meluruhkan kristalisasi asam urat di sendi yang mengakibatkan rasa sakit. Tomat yang dikonsumsi secara rutin dapat mencegah terjadinya peradangan sendi.

Timun

Timun termasuk sayuran yang sangat baik untuk penderita asam urat karena kandungan purinnya rendah. Timun juga memiliki efek diuretik yang mampu merangsang ginjal untuk menghasilkan banyak urine. Sifat diuretik ini dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

Seledri

Baca Juga:  Jenis Cabai yang Mudah Dijumpai

Seledri mengandung chlorine, asam lemak, sulfur, potassium, asam folat, inositol, esensial, mangan, seng, selenium, vitamin B1, dan vitamin A. Semua kandungan itu diketahui memiliki kemampuan menekan risiko penyakit asam urat secara efektif. Anda bisa mengonsumsi seledri dalam bentuk sup, jus, atau digunakan sebagai hiasan makanan.