Sayuran yang Cocok untuk Penderita Rematik


Pertanianku — Rematik merupakan salah satu kelainan pada tulang yang akan sangat mengganggu aktivitas Anda, bahkan selama seharian penuh. Hal itu bisa disebabkan oleh kurang olahraga dan konsumsi makanan tertentu. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui apa saja sayuran yang cocok untuk penderita rematik.

sayuran yang cocok untuk penderita rematik
Foto: Pertanianku

Rematik biasanya menimbulkan rasa ngilu pada lutut dan sakit pada bagian otot atau sendi, bahkan akan menyebabkan peradangan pada kondisi tertentu. Jika peradangan semakin parah, maka bisa menghancurkan jaringan pada persendian.

Agar kondisi rematik tidak memburuk, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita rematik. Berikut beberapa sayuran paling direkomendasikan untuk penderita rematik.

  1. Daun bawang

Di dalam bawang terdapat sulfur dan juga flavonoid. Sayuran untuk rematik yang mempunyai aroma cukup kuat ini juga mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Pada 1,8 ons daun bawang akan ada 2,18 mg vitamin C. Selain itu, kandungan anti-oksidan tidak hanya diberikan oleh vitamin C saja, tetapi juga dari vitamin B kompleks serta vitamin A yang ada di dalam daun bawang.

Jika penderita rematik rutin mengonsumsi daun ini, maka akan membuat gejala rematik berkurang. Untuk mengonsumsi daun bawang, Anda bisa mencampurkannya ke dalam sayuran lain sebagai tambahan.

  1. Bayam

Menurut penelitian, kandungan vitamin E yang ada di dalam bayam mampu melindungi tubuh dari adanya molekul inflamasi. Oleh karena itu, sayuran ini sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita rematik.

Sebaiknya, Anda memilih bayam yang berwarna hijau gelap karena kandungan anti-oksidannya lebih tinggi dan mampu mengatasi peradangan pada penderita rematik. Selain itu, sayuran yang mempunyai warna hijau gelap juga dipercaya memiliki kandungan vitamin, zat besi, dan kalsium yang lebih tinggi.

  1. Sawi putih
Baca Juga:  Apel Merah dan Apel Hijau, Lebih Bergizi Mana?

Sawi putih sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala rematik dan mencegah terjadinya radikal bebas di dalam tubuh. Kandungan fitonutrient yang ada di dalam sawi putih juga mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain rematik dan asam urat, sawi juga bisa mengatasi masalah sendi lainnya.

  1. Wortel

Kandungan karotenoid yang ada di dalam wortel mampu mengatasi adanya radikal bebas di dalam tubuh, melindungi sel mata, dan mengatasi rematik. Cara pengolahan wortel agar kualitas antioksidan di dalamnya tidak hilang, yaitu dengan cara direbus. Menurut penelitian, konsumsi wortel dengan cara direbus mempunyai kandungan anti-oksidan yang lebih tinggi daripada wortel yang dimakan mentah-mentah.

  1. Kentang

Kentang yang diolah dengan cara direbus mempunyai manfaat yang lebih baik jika dibandingkan dengan digoreng. Ini karena saat kentang digoreng, maka akan ada kalori tambahan yang terdapat dalam minyak.

Kandungan tinggi dalam kentang yang sangat baik untuk tulang antara lain kalium, protein, fosfor, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Selain itu, kentang juga mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi sehingga akan sangat baik untuk mengatsi adanya masalah pencernaan. Kandungan vitamin B5 pada kentang juga sangat baik untuk memecah nutrisi menjadi energi dalam tubuh.

loading...
loading...