Sayuran yang Paling Sehat untuk Dijadikan Jus


Pertanianku — Selain buah, sayuran juga bisa dibuat jus segar yang menyehatkan. Beragam pilihan jus sayur yang paling sehat dan bernutrisi tinggi, wajib Anda coba di rumah. Lalu, apa saja jenis sayuran yang paling sehat untuk dijadikan jus?

sayuran yang paling sehat
Foto: Pixabay

Dalam hal ini, tidak semua jenis sayur bisa dijus, sebab beda jenis sayurnya ternyata beda pula manfaatnya. Berikut ini beberapa jenis sayuran sehat yang cocok untuk dijadikan jus.

  1. Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau biasanya mengandung banyak vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A, vitamin C, folat, kalium, zat besi, hingga zink. Beberapa pilihan sayur hijau terbaik untuk dijus dan diminum setiap hari di antaranya bayam, kale, brokoli, sawi, selada Romaine, selada air kubis cina, dan peterseli.

Namun, rasa jus sayur hijau cenderung pahit dan agak langu. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengombinasikannya dengan buah yang manis atau sedikit asam seperti apel, kiwi, atau mangga. Bisa juga pakai madu.

  1. Tomat

Tomat sangat kaya akan vitamin A dan vitamin C, jadi baik bagi kesehatan Anda Meski sudah enak, tapi tomat pun sudah memiliki rasa asam-manis alami. Dengan begitu, Anda tak perlu menambahkan buah-buahan lainnya untuk menambah cita rasa. Meski juga tidak dilarang jika itu yang Anda inginkan, misalnya menambah lemon atau apel.

  1. Wortel

Wortel adalah jenis sayuran yang bisa disajikan dalam bentuk apa pun, entah itu sup, tumis atau jus. Bahkan, tak jarang orang yang memakannya langsung sebagai salad. Karena rasanya yang manis, wortel banyak digemari.

Tak hanya punya rasa yang enak, wortel juga baik untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi serta berbagai zat mineral yang dibutuhkan tubuh. Agar lebih enak, Anda juga bisa mencampurkannya dengan buah-buahan lain sesuai selera.

  1. Jus seledri
Baca Juga:  Tips Memilih Ikan Pindang yang Bebas Pengawet Berbahaya

Mungkin jus seledri terdengar aneh bagi Anda, tapi ternyata sayuran hijau ini punya manfaat yang cukup bagus untuk kesehatan karena kaya akan magnesium dan zat besi. Jus sayuran ini juga sangat pas dikonsumsi ketika menstruasi karena bisa membantu menjaga jumlah zat besi dalam tubuh.

loading...
loading...