Sayuran yang Tumbuh Subur Saat Musim Kemarau

Pertanianku —Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Tidak semua tumbuhan bisa bertahan atau tumbuh subur sepanjang musim. Ada kalanya tanaman hanya bisa tumbuh subur di salah satu musim, sedangkan di musim lain tanaman lebih mudah terserang penyakit atau tidak bisa tumbuh. Ada beberapa sayuran yang tumbuh subur saat kemarau yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah. Berikut ini sayuran musim kemarau.

sayuran musim kemarau
foto: pertanianku

Kangkung

Tidak semua kangkung cocok ditanam pada musim kemarau. Kangkung darat lebih cocok ditanam pada musim hujan agar persediaan air tercukupi. Namun, jenis kangkung air cocok menjadi sayuran yang ditanam saat musim kemarau. Selain itu, jika Anda ingin mengambil bibit biji kangkung, juga lebih baik dilakukan pada musim kemarau.

Loading...

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan terkenal kaya akan vitamin. Sayuran ini cocok ditanam pada awal musim kemarau atau musim hujan.

Kentang

Sayuran umbi yang sering diolah menjadi menu kudapan lauk pauk yang lezat. Umbi kentang lebih baik ditanam pada saat akhir musim hujan menuju musim kemarau. Sebenarnya, kentang tetap bisa ditanam pada musim hujan asalkan tanaman sudah berumur dua bulan pada saat intensitas hujan sudah tinggi.

Petsai

Petsai merupakan sayuran yang sering dicampurkan ke dalam masakan mi atau dibuat menjadi kimchi, makanan asal Korea. Petsai juga sering digunakan untuk campuran siomay atau makanan berkuah lainnya. Petsai lebih mudah dirawat pada musim kemarau. Pasalnya, pada musim hujan, petsai lebih mudah terserang hama ulat daun.

Sawi

Sayuran yang sering kali ditemui pada menu makanan berkuah ini cocok ditanam pada akhir musim hujan. Sawi bisa tumbuh subur di musim kemarau asalkan ketersediaan airnya memadai.

Baca Juga:  Atasi Hama Tikus dengan Pestisida Nabati Ubi Gadung

Lobak

Lobak bisa ditanam pada musim kemarau atau musim hujan. Lobak yang ditanam pada musim kemarau harus dipastikan mendapat air yang sangat cukup.

Selada

Pada umumnya selada bisa tumbuh di musim kemarau atau musim hujan asalkan persediaan air cukup. Namun, selada jenis andewi tidak baik ditanam pada musim hujan karena tanaman tidak tahan dengan air hujan.

Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang lebih cocok ditanam pada musim kemarau, sedangkan bawang bombai pada awal musim kemarau. Bawang merah dan bawang putih yang ditanam pada musim hujan lebih berisiko terkena hama atau penyakit.

Loading...
Loading...