Sebelum Berenang, ini Kebiasaan yang Dilakukan Anjing?


Pertanianku – Tingginya animo pecinta anjing membawa hewan peliharaannya berenang membuat sejumlah groomer di berbagai salon anjing mematangkan konsep sebagai langkah “pemanasan” sebelum anjing masuk ke dalam kolam.

Sebelum Berenang, ini Kebiasaan yang Dilakukan Anjing

Layaknya manusia, anjing langsung masuk kolam tanpa pemanasan, tidak hanya akan cedera, tetapi, juga dapat menularkan penyakit ke sesama anjing melalui air pada kolam. Menurut Abdul Syakur, seorang groomer senior di pet station sebelum berenang, bulu anjing wajib disibak dengan blower hingga bagian kulit terlihat.

Syakur juga selalu melakukan pengecekan dengan mengangkat kedua kaki depan anjing untuk melihat bagian perut sekaligus mengecek kesehatan anjing. Proses tersebut dilakukan demi meredam penyebaran penyakit, jika di bagian tubuh anjing terdapat kutu akan mudah terlihat. Karena begitu masuk ke air, proses penularannya akan sangat cepat cepat. Jika memiliki kutu, hewan ini tidak boleh berenang.

Ciri anjing sakit, yaitu hidungnya kering, lidah pucat, dan bagian perut hangat atau panas. Jika melihat ciri-ciri seperti itu, kita perlu konfirmasi kepada pemilik. Selain mengikuti serangkaian cek kesehatan, sebelum berenang anjing juga harus ditimbang. “Karena bobot anjing juga mempengaruhi biaya berenang,” ujar Syakur.

Baca Juga:  Indonesia Jadi Jalur Migrasi Burung Pemangsa
loading...
loading...