Sebelum Membeli Susu, Perhatikan Hal Ini Dulu

Pertanianku — Susu yang dihasilkan dari hewan ruminansia merupakan salah satu bahan makanan yang menyuplai beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Peran susu sudah ada sejak dahulu, saat sebagian bayi tidak bisa mendapatkan asupan ASI karena beberapa hal. Sekarang Anda sudah dapat membeli susu dengan sangat mudah.

membeli susu
foto: pixabay

Susu hewan ruminansia yang sering dikonsumsi adalah sapi, kambing, dan domba. Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat kaya, tetapi cepat basi atau rusak. Susu mudah basi karena merupakan ‘low acid food’. Oleh karena itu, susu yang dijual di toko-toko pasti mengalami proses agar susu jadi tahan lama.

Proses pengawetan pada susu salah satunya disebut pasteurisasi, atau diolah hingga menjadi susu bubuk yang tahan lama. Sebagian orang berpendapat bahwa susu mentah bisa langsung dikonsumsi oleh manusia. Namun, sebagian lainnya tidak menyarankan susu mentah dikonsumsi karena susu mentah rentan terkontaminasi bakteri patogen.

Loading...

Susu mentah mengandung beragam jenis bakteri dan enzim alami yang membuat susu mudah untuk dicerna. Beberapa orang yang alergi susu lebih bisa mentolerir kandungan susu mentah.

Saat ini sudah banyak produk susu yang dijual dan sudah melalui proses pengolahan. Sebelum membeli susu, sebaiknya Anda memerhatikan beberapa hal berikut.

  1. Susu tidak tercemar bakteri pathogen.
  2. Melalui proses pengawetan yang tepat dan benar.
  3. Tidak tercemar oleh residu bahan kimia seperti antibiotik dan lain-lain.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa susu kambing lebih mudah dicerna oleh pencernaan manusia. Selain itu, kandungan susu kambing lebih cocok dengan seseorang yang memiliki alergi terhadap susu. Komposisi susu kambing pun hampir sama dengan susu manusia, serta kalsium susu kambing lebih tinggi.

Baca Juga:  Manfaat Segelas Jus Sirsak

Hal lain yang tidak kalah penting saat Anda hendak membeli susu adalah perhatikan proses pengawetan yang benar sehingga tidak merusak lemak yang berada dalam susu. Misalnya, proses pemanasan yang berlebihan dapat merusak lemak dan menjadikannya trans fat.

Jika Anda tetap tertarik dengan susu mentah, pastikan asal usul peternakan susu diketahui dan telah memenuhi persyaratan atau di bawah pengawasan Dinas Peternakan.

Loading...
Loading...