Sebelum Mulai Menanam Sebaiknya Perhatikan Beberapa Faktor Iklim

Pertanianku — Iklim merupakan kondisi yang terjadi di suatu daerah dan sudah berlangsung selama lebih kurang 30 tahun. Sementara, cuaca adalah keadaan udara yang berhubungan dengan hujan, kelembapan udara, suhu, awan, dan kecepatan angin yang sedang terjadi di suatu daerah dalam waktu yang tidak lama. Ada beberapa faktor iklim yang memengaruhi pertumbuhan tanaman. Berikut ulasannya.

faktor iklim
foto: pertanianku

Sinar matahari

Sinar matahari diperlukan untuk tanaman berfotosintesis yang merupakan proses perubahan air dan karbondioksida menjadi zat gula serta oksigen dengan bantuan sinar matahari. Proses tersebut berlangsung pada klorofil atau zat hijau yang berada di daun. Kebutuhan intensitas cahaya matahari setiap jenis tanaman berbeda-beda.

Loading...

Ada beberapa jenis tanaman yang dapat tumbuh baik pada intensitas cahaya yang rendah. Ada pula tanaman yang sangat membutuhkan intensitas cahaya.

Suhu

Setiap jenis tanaman membutuhkan kondisi suhu yang berbeda-beda. Ada tanaman yang hanya bisa hidup di suhu rendah, tetapi ada pula yang bisa hidup di suhu yang tinggi. Misalnya stroberi, tanaman ini hanya bisa hidup di suhu rendah sehingga saat ditanam di dataran rendah yang bersuhu tinggi tidak akan bisa berproduksi.

Hujan

Hujan yang turun juga dapat memengaruhi kondisi tanaman. Pasalnya, tak semua jenis tanaman toleran terhadap intensitas air hujan yang tinggi. Hal tersebut sejalan dengan kebutuhan air setiap tanaman yang berbeda-beda. Beberapa tanaman membutuhkan suplai air yang besar seperti kangkung, bayam, genjer, dan selada air.

Sementara, tanaman tomat, terung, cabai, buncis, dan kubis hanya membutuhkan air yang cukup. Ada lagi tanaman seperti jagung, kacang tanah, dan kedelai yang membutuhkan air lebih sedikit.

Kelembapan

Kebutuhan kelembapan setiap jenis tanaman berbeda-beda. Kelembapan yang tinggi bagi sebagian tanaman malah akan membawa penyakit. Namun, biasanya tanaman sayur membutuhkan kelembapan cukup tinggi sekitar 80 persen. Apabila tanaman memiliki tingkat kelebihan dari 80 persen akan mudah terkena penyakit.

Baca Juga:  Cara Panen Mangga Chokanan dengan Benar

Angin

Faktor iklim terakhir adalah angin juga berpengaruh terhadap kelancaran budidaya tanaman. Angin akan membantu tanaman untuk proses penyerbukan tanaman sehingga kelestarian dapat terjaga dengan baik. Namun, angin justru akan menyebabkan penguapan berjalan lebih cepat sehingga tanaman menjadi kering dan penyebaran hama menjadi lebih cepat. Pilihlah tempat yang terlindung dari angin atau tanam pohon pelindung.

 

 

 

Loading...
Loading...