Seberapa Pentingkah Susu Kambing untuk Kesehatan?


Pertanianku – Banyak orang mengatakan bahwa susu kambing memiliki segudang manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Namun, hal tersebut masih menjadi perdebatan hingga kini. Benarkah demikian?

Foto: pexels

Faktanya, susu kambing memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh jika dikonsumsi. Bahkan di India, masyarakat di sana merupakan pengagum susu kambing kebanyakan. Mereka mengklaim bahwa khasiat susu kambing jauh lebih baik daripada susu lainnya.

Lalu, bagaimana dengan kandungan gizinya?

Sama dengan susu sapi, susu kambing juga kaya akan kalsium. Dalam satu gelas susu kambing memiliki hampir 170 kalori, 10 gram protein, 27mg kolesterol, 11 gram karbohidrat, dan 6,3gm lemak jenuh. Kandungan susu kambing juga termasuk di dalamnya selenium, zinc, tembagam potasium, fosfor, magnesium, riboflavin, dan vitamin A, B2, C, serta D.

Lalu, apakah manfaat susu kambing jika dikonsumsi secara rutin oleh manusia?

  1. Susu kambing memiliki kemampuan lebih mudah dicerna di dalam tubuh manusia. Bahkan lebih mudah daripada susu sapi karena molekul lemak di dalamnya relatif lebih kecil. Jika meminum susu kambing, khasiat yang Anda dapatkan adalah kesehatan pada jantung. Hal ini berhubungan langsung dengan peningkatan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  2. Susu kambing terbukti mampu mencegah masalah usus dan masalah jantung tertentu. Hal ini dipicu oleh kandungan asam lemak rantai sedang. Yang mana ada sekitar 35 persen di dalamnya. Sementara, kita mengetahui bahwa di susu sapi kandungan asam lemak rantai sedang hanya 20 persen.
  3. Susu kambing memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga akan sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Dengan kandungan kalsium yang tinggi ini, bisa Anda gunakan untuk terapi pada anak-anak kecil guna merangsang pertumbuhan tulang mereka.
  4. Susu kambing mengandung Vitamin A. Khasiat dari vitamin yang terkandung di susu kambing ini adalah membuat kulit Anda halus dan sehat. Setelah beberapa hari mengonsumsi susu kambing, akan bisa langsung terlihat perbedaannya. Bukan bertambah putih, melainkan lebih sehat, cerah, dan halus.
  5. Kandungan laktosa di dalam susu kambing relatif lebih rendah daripada susu sapi. Jika Anda menderita intoleransi laktosa atau jika Anda tidak dapat dengan mudah mencerna susu biasa, Anda dapat mengonsumsi susu kambing. Tentunya setelah Anda berkonsultasi dengan dokter.
Baca Juga:  Telur Berwarna Cokelat dan Putih, Mana yang Lebih Sehat?

Bagaimana, apakah Anda tertarik mengonsumsi susu kambing secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya?

loading...
loading...