Sederet Alasan Milenial Harus Memulai Budidaya Metode Hidroponik

Pertanianku — Salah satu teknik bertanam yang sudah lama dikenal tetapi popularitasnya tidak pernah memudar adalah metode hidroponik. Sudah banyak bukti nyata bahwa budidaya dengan teknik hidroponik sangat menguntungkan. Kini, tak ada salahnya bila milenial ikut ambil peran dalam rantai pertanian modern berbasis teknologi seperti ini.

metode hidroponik
Foto: freepik

Metode hidroponik memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan pertanian secara tradisional dan konvensional. Keunggulan ini akan memudahkan petani dan juga mendorong kualitas hasil panennya menjadi lebih maksimal.

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai hidroponik ini, Anda dapat mendapatkan seluruh jawabannya di buku Tanya Jawab Hidroponik yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Buku ini akan membantu Anda memulai usaha hidroponik.

Loading...

Ada berbagai keuntungan yang akan Anda peroleh bila menerapkan metode hidroponik. Pertama, hidroponik akan memberikan keuntungan berupa produktivitas yang lebih tinggi ketimbang budidaya secara konvensional.

Dengan metode hidroponik, Anda dapat membuatnya menjadi bertingkat sehingga jumlah tanaman yang dibudidayakan akan lebih banyak. Hasilnya, saat panen pun akan lebih banyak daripada bertanam secara tradisional walaupun luasan lahan yang digunakan sama.

Keuntungan yang kedua, budidaya dengan metode hidroponik adalah lebih hemat pupuk dan air. Nutrisi dan air yang diberikan pada tanaman akan diserap sepenuhnya oleh tanaman tersebut. Dengan begitu, efisiensi pun akan lebih tinggi.

Air yang digunakan juga akan diputar dan digunakan kembali untuk mengalirkan nutrisi. Oleh karena itu, pemupukan secara intensif seperti pada budidaya konvensional tidak diperlukan. Tentunya, Anda akan menghemat waktu dan biaya secara signifikan.

Selain dapat menghemat pupuk dan air, pemberian nutrisi pada media tanam pun dapat dilakukan lebih akurat. Keuntungan ini membuat tanaman mendapatkan nutrisi sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga:  Manfaat Pohon Jabon yang Jarang Diketahui

Berikan dosis nutrisi sesuai kebutuhan tanaman hidroponik tersebut. Berbeda jenis tanaman tentu berbeda kebutuhan nutrisinya. Oleh karena itu, penghitungan yang tepat sangat membantu pertumbuhannya.

Karena tumbuh dengan asupan nutrisi yang sama, hasil produksi pun akan lebih seragam ketimbang tanaman yang dibudidayakan di lahan (tanah). Selain itu, produk yang dihasilkan pun akan lebih sehat karena minim penggunaan bahan kimia, baik melalui insektisida, fungisida maupun pengusir hama lainnya.

Loading...
Loading...