Sederet Alasan Pengusaha Tertarik Bisnis Jamur

Pertanianku — Ada banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh masyarakat dengan keterbatasan yang ada. Salah satu peluang bisnis yang tetap bisa dijalankan dengan keterbatasan adalah bisnis jamur. Bisnis ini terbilang cukup menjanjikan karena masyarakat Indonesia menyukai jamur. Ada banyak jenis jamur yang bernilai ekonomis dan bisa dibudidayakan. Berikut ini beberapa alasan pengusaha yang memilih bisnis jamur.

bisnis jamur
foto: pertanianku

Modal awal relatif kecil

Modal merupakan salah satu pertimbangan awal saat seseorang ingin memulai bisnis. Tidak semua pengusaha memiliki modal yang cukup besar untuk memulai usahanya. Bisnis jamur merupakan salah satu bidang usaha yang tidak memerlukan modal terlalu besar, bahkan modal yang dibutuhkan terbilang relatif kecil.

Loading...

Tidak memerlukan lahan yang luas

Tidak seperti komoditas pertanian yang membutuhkan lahan luas, usaha budidaya jamur tidak memerlukan lahan yang luas. Usaha ini hanya memerlukan rumah kumbung yang tidak begitu besar. Anda juga bisa memanfaatkan salah satu ruangan yang tidak terpakai di rumah menjadi rumah kumbung untuk jamur.

Permintaannya sangat tinggi

Permintaan komoditas jamur seperti komoditas pertanian lainnya cukup tinggi. Hal ini karena jamur bisa diolah menjadi berbagai macam aneka olahan. Pada 2015 saja kebutuhan jamur diperkirakan mencapai 17.500 ton. Namun, sayangnya tidak semua kebutuhan jamur yang ada bisa dipenuhi karena keterbatasan stok.

Keuntungannya setiap hari

Sama seperti komoditas pertanian lainnya, jamur baru bisa mendatangkan keuntungan saat sudah dipanen. Jamur bisa dipanen setiap hari tanpa mengenal musim seperti tanaman sayur atau buah. Oleh karena itu, komoditas ini dapat mendatangkan keuntungan setiap hari karena bisa dipanen kapan saja.

Sarana prasarananya sederhana

Anda tidak memerlukan peralatan yang susah dan banyak. Sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini cukup sederhana.

Baca Juga:  Tips Membuat Pohon Jambu Air Khiojok Cepat Berbuah Lebat

Pangan alternatif

Permintaan jamur yang tinggi karena jamur merupakan bahan pangan alternatif yang lezat, sehat, dan bergizi tinggi. Bahkan, ada beberapa resep vegan yang menggunakan jamur sebagai sumber protein dan gizi lainnya.

Tidak memerlukan keahlian yang tinggi

Budidaya jamur tidak membutuhkan keahlian yang tinggi, Anda hanya perlu mengetahui kunci sukses dalam usaha budidaya jamur seperti di dalam buku Jamur:Info Lengkap dan Kiat Sukses Agribisnis terbitan Penebar Swadaya. Pengetahuan yang memadai dengan sifat tekun sudah bisa menjadi modal yang bagus untuk memulai usaha ini. Segera hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi usaha Anda.

Loading...
Loading...