Sederet Fakta Menarik Lobak

Pertanianku — Pasti Anda sudah tidak asing dengan lobak, salah satu jenis sayuran yang berbentuk umbi. Umbi lobak berasal dari akar tunggang yang membengkak dan menjadi tempat penimbunan makanan. Sayur lobak sering dijumpai sebagai bahan campuran masakan di makanan berkuah. Tahukah Anda, ada banyak info menarik tentang sayuran berwarna putih ini, simak ulasannya di bawah ini!

sayur lobak
foto: PIxabay

Bentuk umbi lobak di luar negeri berbeda

Anda pasti mengetahui lobak berbentuk panjang dan mengerucut. Daging lobak dan kulitnya berwarna putih. Namun, di luar negeri, justru umumnya lobak berbentuk bulat dengan kulit berwarna merah.

Warna dan bentuk lobak bergantung pada varietas. Ada varietas lobak yang berwarna khusus, seperti hitam, ungu, kuning, dan hijau. Varietas lobak berbentuk bulat umumnya dapat menghasilkan umbi yang lebih cepat. Sementara itu, lobak yang besar dan memanjang pertumbuhannya cenderung lebih lambat. Selain lebih lambat, umbi lobak yang panjang cenderung lebih pahit, lebih berserat, dan kurang renyah.

Varietas favorit di Asia

Di antara beberapa varietas lobak yang dapat Anda jumpai, Daikon menjadi varietas favorit di Asia. Varietas ini juga sering disebut dengan lobak jepang (Japanese radish). Umbinya besar mirip seperti wortel, panjangnya bisa mencapai tiga kaki dengan bobot sekitar 59 kg. Lobak Daikon merupakan sumber tembaga dan kalium.

Rasanya pedas

Bukan hanya cabai yang terasa pedas, melainkan umbi berwarna putih ini juga ada yang terasa pedas. Meskipun begitu, kadarnya tidak setinggi cabai. Penyebab rasa pedas pada lobak adalah minyak yang terkandung di dalamnya.

Kandungan nutrisi

Lobak yang berwarna merah dan berbentuk bulat merupakan sumber trace mineral molybdenum, asam folat, kalium, raphanusin, sinapine, erucic acid, raphanin, coumaric acid, dan gentisic acid. Lobak termasuk sayuran yang rendah kalori dan merupakan sumber vitamin C serta folat. Di dalam umbi putih ini juga mengandung sedikit protein dan zat besi.

Baca Juga:  Jurus Panen Tomat Setiap Hari

Khasiat

Kandungan sulfur di dalam lobak dapat meningkatkan aliran empedu dan menjaga kesehatan kandungan empedu, serta meningkatkan fungsi pencernaan. Sementara itu, kandungan bioflavonoid dan indole pada lobak dapat berfungsi mencegah timbulnya kanker.