Sederet Fakta Unik Buah Pepaya

Pertanianku — Siapa yang tidak kenal dengan buah pepaya, salah satu buah yang sangat mudah dijumpai di pasaran. Selain itu, tanaman buah pepaya juga sangat mudah tumbuh di pekarangan secara tidak sengaja, bibitnya berasal dari sisa biji yang dibuang begitu saja. Buah yang terlihat tidak memiliki keistimewaan ini sebetulnya memiliki banyak fakta menarik yang masih jarang disadari oleh banyak orang.

buah pepaya
foto: Pixabay

Berikut ini beberapa hal menarik dari buah pepaya yang perlu Anda ketahui.

Bersifat abortivum (meluruhkan kandungan)

Terdengar mengerikan memang. Namun, wanita hamil memang sebaiknya tidak mengonsumsi biji, daun, dan jus pepaya karena bersifat abortivum.

Melindungi lambung

Pepaya dapat berfungsi untuk melindungi lambung dari timbulnya tukak akibat pengobatan dengan aspirin dan steroid.

Melunakkan daging

Kandungan papain yang terdapat pada buah mengkal dan daun tanaman dapat berfungsi untuk melunakkan rebusan daging.

Getah pepaya untuk obat kulit

Getah pepaya dapat Anda manfaatkan sebagai obat luar karena mengandung enzim papain. Getah pepaya bisa mengatasi luka yang dalam dan lambat sembuh, tumor kulit, keloid, tersiram air panas, bisul, kutil, dan menghaluskan luka.

Mengatasi kesulitan untuk makan

Anda dapat memanfaatkan ramuan daun pepaya untuk mengatasi kesulitan makan. Siapkan daun pepaya sebesar telapak tangan, kemudian tambahkan air hangat dan sedikit garam. Blender semua bahan dan peras. Minum air perasan daun.

Kandungan vitamin C lebih tinggi dari buah apel

Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipat dari buah apel. Pepaya aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam dan mendorong proses metabolisme kulit. Pepaya juga melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul di pori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah.

Baca Juga:  Langkah-langkah Budidaya Tanaman Stevia

Efek samping kebanyakan mengonsumsi pepaya

Terlalu banyak memakan buah pepaya dapat menyebabkan karotenemia, telapak kaki dan telapak tangan menguning. Kondisi ini bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya.

Alat kontrasepsi alami

Di berbagai belahan dunia, pepaya muda dipercaya selama berabad-abad oleh wanita menjadi kontrasepsi alami.