Sederet Keuntungan Beternak Domba

Pertanianku — Hewan ruminansia yang biasanya lebih dikenal oleh masyarakat adalah kambing dan sapi. Padahal, domba merupakan hewan ruminansia yang juga biasa dimanfaatkan untuk dikonsumsi daging dan manfaat lainnya. Karena jarang dipilih, domba sendiri sebenarnya memiliki banyak keuntungan jika diternakkan, berikut ulasannya.

domba
foto: pertanianku

Lebih mudah digembalakan

Hewan ini terbiasa hidup dalam satu kelompok sehingga lebih mudah untuk digembalakan tidak akan terpisah jauh antarsesama kelompok. Berbeda dengan kambing yang sebenarnya merupakan hewan pegunungan yang kurang senang untuk hidup bersama.

Lebih hemat air

Hewan ternak ini mudah untuk beradaptasi terhadap berbagai lingkungan. Seperti suhu yang terlalu tinggi tidak akan mengganggu kenyamanan domba karena binatang ini memiliki bulu yang tebal, berbeda dengan kambing yang berbulu tipis.

Bulu yang tebal membuat domba mampu menahan penguapan lewat permukaan kulit dan menyebabkan hewan ini tidak memerlukan banyak air minum. Keperluan air minum bisa dipenuhi dari hijauan yang diberikan.

Cepat berkembang biak

Hewan ruminansia yang satu ini mampu berkembang biak sebanyak tiga kali dalam dua tahun dan dalam sekali beranak mampu menghasilkan anak hingga dua ekor.

Hasil sampingan

Tak hanya dagingnya yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi, domba pun seperti hewan ruminansia lainnya yang bisa dimanfaatkan hasil sampingannya, seperti kotoran dan bulu. Kotorannya dapat diolah menjadi pupuk pertanian yang sangat berguna untuk pengawetan tanah. Sementara, karkasnya yang dihasilkan berupa kulit memiliki nilai tambah karena bisa dijual dengan harga tinggi.

Modal kecil

Anda hanya memerlukan modal kecil untuk memulai usaha ini. Pasalnya, domba bisa diternakkan di mana saja, sekalipun di kandang yang sederhana dan dengan pemberian pakan hijauan yang biasa mudah didapatkan.

Baca Juga:  Kriteria Mesin Tetas yang Bagus untuk Digunakan

Sumber protein hewani

Hewan ternak ini juga merupakan sumber protein hewani yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia dan meskipun masih kalah pamor dari sapi dan kambing, tetap saja permintaan daging domba tinggi dan memiliki banyak peminat. Oleh karena itu, ternak domba pun bisa digunakan sebagai bahan investasi yang masih menjanjikan untuk dijual ke pasar oleh para peternak.

 


loading...