Sederet Manfaat Bisbul, Buah Eksotik yang Masih Asing di Indonesia

Pertanianku — Buah bisbul sering dikenal juga sebagai buah mentega atau buah beludru. Tanaman buah ini berasal dari Filipina dan kini sudah menyebar secara luas di wilayah tropis. Di Indonesia, buah ini masih terbilang cukup jarang, bahkan masih banyak orang yang belum mengenalnya. Padahal, manfaat buah bisbul untuk kesehatan sangat banyak.

manfaat buah bisbul
foto: indonesia.go.id

Buah yang saat ini semakin terlupakan keberadaannya memiliki aroma sangat khas dengan penampilannya yang unik. Tak heran, banyak yang menyebutnya sebagai buah eksotik. Buah yang sudah matang memiliki kulit berwarna merah tua campur kekuningan, berukuran agak besar, bulat, dan agak pipih. Seluruh bagian buah diselubungi oleh bulu-bulu beludru berwarna merah kecokelatan.

Beberapa jenis buah bisbul unggulan tidak berbiji. Akan tetapi, bisbul yang berbiji pun tetap terasa manis dan gurih seperti mentega. Biasanya, bisbul unggulan dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding bisbul biasa. Bisbul yang baru dipetik dapat menghasilkan rasa segar yang lebih lezat.

Agar penampilan buah lebih menarik, biasanya buah yang sudah dipanen digosok dengan kain halus hingga bulu-bulunya menghilang. Setelah itu, buah dicuci dengan air bersih, lalu dikeringkan.

Dalam setiap 100 gram bisbul mengandung 2,8 gram protein, 0,2 gram lemak, 11,8 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, 4,6 mg kalsium, 18 mg fosfor, 0,6 mg zat besi, vitamin A, vitamin C, tiamin, Riboflavin, dan energi.

Bisbul bermanfaat untuk kesehatan tubuh, yakni menjaga kesehatan jantung. Buah ini dapat membantu meregangkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Kandungan serat di dalam bisbul berfungsi menurunkan kolestrol. Dengan begitu, risiko pembekuan darah, serangan jantung, dan serangan stroke dapat diminimalisir.

Manfaat buah bisbul lainnya yang tidak kalah penting ialah menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar. Buah mentega ini kaya kandungan zat besi yang dapat membantu tubuh meningkatkan jumlah sel darah merah.

Baca Juga:  Kiat-kiat Menanam Lada di Pot

Bisbul juga bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan karena mengandung banyak serat. Di Filipina, buah bisbul sering digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah disentri dan diare.

Manfaat selanjutnya dari bisbul yang perlu Anda ketahui ialah menjaga kesehatan pernapasan. Hal ini karena bisbul mengandung vitamin dan mineral serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya vitamin A dan C yang bertindak sebagai antioksidan.