Sederet Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

Pertanianku — Selain memiliki rasanya yang unik, manfaat buah duku ternyata sangat baik untuk kesehatan bagi tubuh. Buah duku atau langsat merupakan salah satu buah khas tropis yang cukup mudah ditemui pada beberapa daerah di Indonesia. Buah duku ini berasal dari bagian barat Asia Tenggara yang juga banyak dikenal di Thailand ataupun Filipina. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang dimiliki oleh buah duku.

manfaat buah duku
Foto: Google Image

1. Vitamin A

Buah duku kaya vitamin, terutama vitamin A, B1 dan B2, serta mineral. Vitamin A adalah kelompok vitamin yang larut dalam lemak yang meliputi retinol dan karotenoid. Karoten yang terkandung dalam buah duku merupakan anti-oksidan kuat yang dapat melindungi sel dari radikal bebas.

2. Vitamin B

Buah duku mengandung vitamin B1 atau tiamin yang dapat membantu memecah gula dalam tubuh, mendukung pertumbuhan tubuh, dan memproduksi sel darah merah. Sementara itu, riboflavin atau vitamin B2 yang ditemukan dalam buah duku juga dapat membantu tubuh melepaskan energi dari karbohidrat.

3. Serat

Tiap 100 gram buah duku mengandung lebih dari 2 gram serat. Jumlah tersebut bisa memenuhi 8 sampai 11 persen kebutuhan serat untuk wanita dewasa dan 6 sampai 8 persen kebutuhan serat untuk pria dewasa. Makanan tinggi serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan juga membantu mencegah sembelit.

4. Anti-oksidan alami

Buah duku merupakan sumber anti-oksidan alami. Selain mengandung vitamin A, buah ini juga mengandung polifenol, sejenis anti-oksidan alami. Sebuah studi yang diterbitkan pada 2006 di Food Chemistry menemukan bahwa langsat atau duku memiliki kemampuan anti-oksidan yang mirip dengan buah-buahan tropis lain seperti pisang dan pepaya.

Baca Juga:  Jenis Sayuran yang Punya Kandungan Serat Tinggi
Loading...