Sederet Manfaat Bunga Melati, Bunga yang Mewakili Karakter Indonesia

Pertanianku — Bunga melati (Jasminum sambac) merupakan salah satu bunga yang mewakili karakter bangsa dan Negara Indonesia. Bunga ini disebut juga sebagai Puspa Bangsa (bunga melati putih). Di Indonesia, manfaat bunga melati paling sering digunakan untuk obat herbal atau tradisional. Selain untuk kesehatan, manfaat bunga melati juga bisa digunakan oleh beberapa bidang industri lainnya, simak ulasan berikut ini.

manfaat bunga melati
foto: pertanianku

Kesehatan

Bunga melati mengandung berbagai zat yang bermanfaat seperti indole, linalcohol, asetat benzylic, alcohol benzylic, dan jasmon. Seluruh kandungan tersebut apabila dimanfaatkan secara baik dapat memberikan khasiat yang bagus untuk tubuh.

Selain itu, bunga juga mengandung antioksidan dan epigallocething gallate yang berfungsi membakar lemak. Oleh karena itu, bunga ini berguna untuk menurunkan berat badan.

Khasiat lain dari bunga melati ialah meminimalisir racun-racun di dalam tubuh dan menyeimbangkan gula darah.

Teh dan minyak bunga melati berfungsi sebagai afrodisiak alami yang sangat kuat sehingga bunga ini sering direkomendasikan untuk meningkatkan libido, kekuatan seksual, dan merangsang dorongan seksual. Bunga ini bahkan mampu mengobati infertilitas pada pria dan wanita.

Bunga melati juga bisa bermanfaat sebagai alat detoksifikasi yang aman untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Bunga ini terbilang cukup aman dikonsumsi oleh semua orang.

Kecantikan

Bunga melati memiliki wangi yang sangat khas dan bisa diolah menjadi minuman teh. Seseorang yang rutin meminum teh bunga melati tiap hari dapat mencegah penuaan dini. Tak hanya itu, teh bunga melati juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan.

Upacara kebudayaan

Bunga melati sudah sejak lama memiliki makna yang cukup penting pada tradisi Indonesia. Melati melambangkan kesucian serta keanggunan dalam kesederhanaan dan ketulusan.  Masyarakat Jawa sering menggunakan bunga melati pada beberapa upacara adat dan memasukkan bunga melati sebagai salah satu bunga sritaman.

Sementara itu, umat Hindu Bali menggunakan melati sebagai sesajen untuk Hyang, arwah, dan dewa-dewa. Melati juga sering dipakai pada upacara pemakaman dan ziarah makam.

Baca Juga:  Langkah Mudah Merawat Keindahan Bunga Anyelir

 

 


loading...