Sederet Manfaat Daun Avokad Sebagai Obat Herbal

Pertanianku — Tak dimungkiri, saat ini daun avokad sudah menjadi salah satu alternatif obat herbal yang digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit. Hal ini disebabkan oleh banyaknya penelitian yang mengungkap khasiat di balik daun avokad yang selama ini tidak begitu terkenal, hanya buahnya yang sudah terkenal hingga mancanegara. Berikut ini deretan manfaat daun avokad sebagai obat herbal.

manfaat daun avokad
foto: Pertanianku

Berfungsi antioksidan yang kuat

Kacat et al. (2009) telah meneliti potensi daun avokad sebagai sumber antioksidan alami. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kandungan total fenol pada ekstrak etanol daun avokad terbilang lebih besar apabila diekstrak melalui hidrolis dengan asam klorida. Ekstrak EEDA tersebut memiliki aktivitas penangkapan radikal bebas dan berkemampuan reduksi yang sangat besar, bahkan lebih besar dibanding vitamin E.

Penghambat pertumbuhan bakteri

Air perasan daun avokad dengan konsentrasi 100 persen bersifat bakterostatik terhadap pertumbuhan Pseudomonas sp. Artinya, bakteri tersebut dapat mati dengan ekstrak daun avokad 100 persen.

Pseudomonas sp. merupakan bakteri yang bersifat aerobik dan tersebar luas di tanah, air, serta hewan. Bakteri ini dapat menimbulkan penyakit pada usus, kulit manusia, infeksi pada luka dan luka bakar, serta menghasilkan nanah berwarna hijau.

Sementara itu, ekstrak daun dengan konsentrasi 46 persen terbukti dapat membunuh bakteri Eshcerichia coli yang dapat menyebabkan permasalahan pada usus besar manusia.

Pereda sakit kepala dan nyeri saraf

Zat aktif di dalam daun avokad ada yang bersifat antiradang dan analgesik sehingga bisa digunakan untuk mengobati atau meredakan gejala akibat hipertensi seperti sakit kepala, nyeri saraf, dan rasa pegal.

Menyembuhkan rasa nyeri pada lambung

Dalam kesimpulan penelitan Oweyel et al. (2012) menunjukkan bahwa ekstrak air daun avokad memiliki efek anti-ulkus yang kemungkinan besar dapat mengurangi sekresi pada lambung. Temuan tersebut juga digunakan untuk pengobatan ulkus (luka borok).

Baca Juga:  Kandungan Super Ajaib Pepaya, Buah Murah yang Kaya Manfaat

Sebagai diuretik

Zat-zat di dalam tanaman buah ini juga bersifat sebagai peluruh kencing (diuretik). Berdasarkan hasil percobaan farmakologi, infus daun avokad memiliki daya melarutkan batu saluran kemih.