Sederet Manfaat Kroto sebagai Pakan Andalan Burung Kicau

Pertanianku — Pehobi burung pasti kenal dengan kroto, salah satu pakan alami yang digadang-gadang mampu membuat burung rajin berkicau. Ternyata, kepercayaan tersebut memang benar, bahkan tak hanya rajin berkicau, Manfaat kroto lainnya ialah membuat suara burung menjadi lebih merdu.

manfaat kroto
foto: pertanianku

Kroto merupakan telur, larva, dan semut dewasa yang mati. Di pasaran, pakan kroto dijual dalam beberapa bentuk, yakni kroto basah, halus, kasar, dan kacang. Kroto basah berupa telur dan larva semut. Kroto halus berupa semut pekerja besar dan pekerja kecil. Kroto kasar berupa semut jantan dan semut ratu. Terakhir, kroto kacang merupakan campuran ketiga kroto di atas yang sudah dikeringkan dan ditambah kacang tanah, padi, jagung, dedak, beras ketan hitam, madu, dan pelet.

Pemberian kroto sebaiknya dilakukan 3–4 kali dalam sehari dengan jumlah yang sedikit. Meski terkenal sangat bermanfaat untuk burung kicau, pakan alami ini tidak boleh diberikan secara berlebihan karena bisa menyebabkan rontok bulu. Kroto sebaiknya hanya diberikan sebagai pakan tambahan.

Kroto sangat cocok diberikan saat burung sedang bertelur, burung muda, dan burung yang sedang dalam masa penyembuhan setelah sakit. Untuk anak burung, sebaiknya berikan kroto basah karena teksturnya lembut dan berukuran kecil sehingga mudah ditelan.

Kroto basah memiliki beberapa keunggulan, antara lain lebih disukai oleh beberapa jenis burung seperti murai batu dan kandungan gizinya lebih banyak.

Keunggulan lain dari kroto ialah menjaga kondisi tubuh burung dan membuat bulu terlihat lebih indah. Pakan ini merupakan sumber protein hewani yang sangat baik untuk burung.

Protein tersebut berguna dalam pembentukan sel tubuh dan sumber tenaga. Burung yang mengalami kekurangan protein akan malas berkicau, pertumbuhannya terhambat, dan bulu tidak tumbuh dengan sempurna.

Baca Juga:  Langkah yang Tepat untuk Menggunakan Propolis

Kroto tidak bisa bertahan lama. Oleh karena itu, Anda harus membelinya sesuai dengan kebutuhan dan menyimpannya dengan benar. Agar kroto tidak mudah busuk dan tetap segar, sebaiknya simpan di dalam kulkas.

Hingga saat ini kroto masih menjadi andalan bagi para pehobi. Tak heran, permintaannya ikut meningkat saat tren burung kicau juga naik. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik untuk Anda geluti. Segala permasalahan dan cara budidaya kroto bisa terjawab dalam buku Menjawab Teka-Teki Beternak & Bisnis Kroto. Segera dapatkan bukunya dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall Penebar Swadaya.