Sederet Manfaat Kulit Jeruk yang Lebih Sering Dibuang Sebagai Sampah

Pertanianku — Jeruk sangat mudah dijumpai karena sering digunakan dalam berbagai acara. Rasa buah ini manis, sedikit asam, dan berair. Hampir semua orang hanya memanfaatkan bagian buahnya, sedangkan bagian kulit jeruk dibuang menjadi sampah organik. Sebenarnya, bagian kulit jeruk masih memiliki manfaat untuk tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat kulit jeruk yang perlu Anda ketahui.

manfaat kulit jeruk
foto: Pertanianku

Menghilangkan bau mulut

Kulit jeruk dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Makanlah sedikit kulit jeruk, bau pada mulut akan hilang seketika. Namun, sayangnya kulit jeruk ini menimbulkan rasa yang kurang enak di lidah. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak kulit yang dimakan.

Mencegah mabuk perjalanan

Buat Anda yang sering mengalami mabuk di perjalanan, kulit jeruk dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Caranya cukup mudah. Satu jam sebelum memulai perjalanan, ambillah sedikit kulit jeruk lalu dekatkan ke hidung Anda dan hirup aromanya. Hiruplah terus saat perjalanan karena aroma kulit jeruk yang segar dapat membantu untuk mencegah mabuk di perjalanan.

Menambah nafsu makan

Manfaat kulit jeruk selanjutnya yang tidak kalah bagus ialah menambah nafsu makan. Caranya, jemur kulit jeruk hingga kering. Selanjutnya, campurkan kulit jeruk dengan daun teh, lalu tambahkan air hangat dan siap untuk diminum.

Obat herbal untuk batuk

Kulit jeruk dapat diolah menjadi obat herbal untuk batuk. Caranya, rebus dua gelas air, lalu masukkan lima gram kulit jeruk yang telah kering dan rebus selama 10 menit. Tambahkan jahe dan gula merah, lalu minum. Lebih dianjurkan diminum selagi hangat.

Meredakan sesak napas

Kulit jeruk dapat bermanfaat untuk menghentikan rasa sesak di dada serta mengobati radang tenggorokan. Caranya, letakkan kulit jeruk segar ke dalam sebuah gelas, lalu tambahkan air panas dan tutuplah selama 10 menit, tambahkan gula sebelum diminum.

Baca Juga:  Bagian Pohon Kelapa yang Sering Dianggap Limbah

Mengatasi sembelit

Sembelit atau susah buang air besar dapat diatasi dengan kulit jeruk. Caranya, rebus 12 gram kulit jeruk yang masih segar kira-kira 10 hingga 15 menit, kemudian minum selagi hangat. Ramuan ini baik dikonsumsi dua kali sehari pagi dan sore hari.