Sederet Manfaat Menanam Pohon Avokad di Pekarangan Rumah

Pertanianku— Avokad atau lebih dikenal dengan alpukat merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi sebagai jus buah segar atau dijadikan salad yang nikmat dan bergizi. Masih ada manfaat avokad lainnya yang belum diketahui oleh orang banyak. Menanam pohon avokad di pekarangan bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat pekarangan menjadi lebih asri.

pohon avokad
foto: Pixabay

Bentuk pohonnya yang besar dan rindang dapat digunakan untuk melindungi rumah dari terpaan sinar matahari yang berlebihan dan debu serta polusi. Buah yang dihasilkan bisa dimanfaatkan untuk konsumsi pribadi atau jika berlebih dikomersialkan sebagai pendapatan sampingan.

Selain buah, daun avokad juga bermanfaat dan bisa dikonsumsi. Daun avokad sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit. Daun tanaman yang masih muda digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit batu ginjal dan rematik.

Daun avokad juga terkenal bersifat melancarkan air seni dan antibakteri. Daun yang tidak terlalu muda ataupun terlalu tua bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah dan lemak darah seperti kolesterol, LDL, dan trigliserida.

Biji buah avokad yang berukuran besar juga dapat dikonsumsi sebagai obat maag. Biji buah tersebut harus diolah terlebih dahulu dengan cara diparut dan disaring sebelum diminum. Kandungan di dalam biji terbukti mampu menetralkan asam lambung tinggi.

Selain penyakit maag, biji avokad berkhasiat sebagai antiradang, menghilangkan rasa sakit, menyembuhkan sariawan, mengatasi diabetes, dan kencing manis. Biji avokad juga sering digunakan industri tekstil sebagai pewarna pakaian yang tidak mudah luntur.

Khasiat daun, daging buah, biji buah, dan pohonnya bisa dirasakan apabila Anda memiliki tanaman avokad. Jika kondisi sedang genting, Anda bisa memanfaatkan bagian tanaman dengan cepat tanpa perlu mencari-carinya di luar.

Baca Juga:  Montaji Agrihorti, Lemon Tidak Berbiji yang Kaya Vitamin

Jika lahan yang dimiliki terbatas, Anda bisa menanam avokad di pot dan menjadikannya sebagai tabulampot (tanaman buah dalam pot). Produksi tabulampot avokad memang tidak sebanyak avokad yang ditanam di lahan. Namun, Anda masih tetap bisa memanfaatkan daun pohon yang tumbuh dengan lebat.

Cara menanam avokad sebagai tabulampot dibahas dalam buku Khasiat Ajaib Daun Avokad yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Segera hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi.