Sederet Manfaat Tren Budidaya Sayur dan Ikan di Perkotaan

Pertanianku — Saat ini mulai banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menerapkan hidup sehat untuk menunjang kesehatan tubuh. Salah satu cara menerapkan hidup sehat adalah dengan mengonsumsi bahan pangan dengan nutrisi lengkap. Hal tersebut membuat tren budidaya sayur dan ikan di perkotaan menjadi meningkat. Pasalnya, selain bisa menghasilkan sayuran yang lebih lezat, budidaya sayur dan ikan bisa menjadi peredam stres yang sering dirasakan oleh orang-orang di perkotaan.

budidaya sayur dan ikan
foto: pixabay

Bahkan, di beberapa negara maju sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan bagian rooftop mereka untuk ditanami berbagai macam jenis sayuran agar mereka bisa mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan harga sayuran di kota-kota besar di negara maju cukup mahal bagi mereka yang berpenghasilan rendah. Selain itu, mereka menanam sayuran sendiri agar mudah mengonsumsi dan menghindari risiko obesitas.

Tren budidaya sayur dan ikan di perkotaan kini sudah mulai dilakukan oleh masyarakat kota di Indonesia. Sebagian dari mereka merasa senang jika bisa memasak sayuran dan ikan yang dihasilkan sendiri. Selain sensasi memasak sayuran sendiri, sayuran dan ikan yang dihasilkan sudah terbukti lebih sehat dan segar. Jika dilakukan dalam jumlah yang banyak, hasilnya bisa mereka jual sehingga menambah penghasilan.

Loading...

Meningkatnya tren budidaya sayur dan ikan di perkotaan juga ditandai dengan bermunculannya komunitas urban farming. Masyarakat bisa memanfaatkan lahan pekarangan yang sempit untuk memulai menanam sayuran sekaligus membudidayakan ikan.

Sebelum membudidayakan sayur dan ikan atau sering disebut sebagai akuaponik, tentunya Anda membutuhkan referensi. Salah satunya adalah buku Akuaponik Pekarangan terbitan Penebar Swadaya. Buku ini disusun untuk memudahkan pembaca dan memberikan gambaran mengenai teknik akuaponik yang praktis dan mudah dipraktikkan.

Pembahasan buku ini dimulai dari pengenalan tentang akuaponik, bagaimana prinsip kerja akuaponik, jenis tanaman dan ikan populer yang ditanam dan dibudidaya secara akuaponik, cara merakit instalasi, serta ragam pilihan media tanam. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa tips pemeliharaan dan penanganan saat panen.

Baca Juga:  Cara Merangsang Tanaman Buah Berproduksi dengan Penyiraman Air

Selain berguna untuk memenuhi kebutuhan pribadi, Anda bisa menggunakan akuaponik menjadi bidang usaha. Di Jepang, 1/3 hasil pertanian dihasilkan dari pertanian yang dilakukan di tengan perkotaan. Masyarakat bisa menggunakan berbagai tempat untuk menanam, seperti pekarangan rumah, bangunan tak terpakai, hingga di pinggir rel kereta api. Kini sistem tersebut digunakan oleh negara-negara maju lainnya.

Ada sangat banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menanam sayur dan membudidayakan ikan sendiri. Tentunya, Anda bisa menghasilkan sayur dan ikan yang lebih lezat dan sehat untuk keluarga. Kegiatan membudidayakan sayur dan ikan bisa menjadi media pembelajaran bagi anak-anak untuk mencintai dan menghargai proses menghasilkan makanan.

 

Loading...
Loading...