Sederhana, Ini Resep Tiwul Mudah dan Murah

Pertanianku — Jika Anda suka dengan camilan olahan singkong, tiwul pasti masuk dalam daftar makanan kesukaan Anda. Siapa sangka, Anda bisa membuat sendiri makanan yang satu ini dengan mudah dan murah. Mari simak resep tiwul sederhana yang bisa dipraktikkan ini.

resep tiwul sederhana
Foto: instagram vinayuliakurniawati

Tiwul adalah makanan khas dari Gunung Kidul, Yogyakarta. Mesikpun begitu, makanan ini populer di banyak daerah lain, sebut saja Wonosobo, Wonogiri, hingga Pacitan dan Blitar mengenal tiwul sebagai hidangan nan lezat.

Olahan singkong yang satu ini awalnya dibuat sebagai makanan pokok pengganti nasi. Dahulu, beras tidak bisa dibeli semua orang karena harganya yang mahal. Jadilah tiwul sebagai alternatif pengganti sumber karbohidrat yang murah meriah.


Loading...

Berbeda dengan olahan singkong yang lain, tiwul dibuat dari gaplek. Gaplek adalah singkong yang sudah dikeringkan dan dikukus. Sementara, olahan singkong yang lain biasanya terbuat dari singkong segar yang masih diolah.

Untuk membuat tiwul, Anda membutuhkan bahan utama berupa tepung gaplek. Tepung gaplek ini bisa didapatkan meskipun tidak banyak yang menjualnya secara bebas. Jika tidak ada, Anda bisa membuat sendiri tepung gaplek dari 350 gram singkong yang sudah dikeringkan atau disebut juga sebagai gaplek.

Tumbuk gaplek hingga menjadi seperti tepung. Agar lebih mudah, saat Anda menumbuknya boleh dipercikkan air sedikit demi sedikit. Kemudian kembali tumbuk sampai butiran yang dihasilkan menjadi kecil-kecil. Bentuk tepung gaplek akan seperti pasir. Sisihkan bahan utama ini.

Jika tidak memiliki singkong kering, Anda bisa gunakan tepung ketela atau tepung tapioka sebanyak 300 gram. Namun, cara ini kurang disarankan karena hasilnya akan berbeda.

Bahan-bahan lain yang perlu disiapkan adalah 150 gram gula merah, 2 lembar daun pandan, 1 lembar daun pisang, 350 mililiter air, dan garam secukupnya. Sebagai bahan tambahan, Anda juga harus menyiapkan 200 gram atau ¼ butir kelapa parut panjang, 1 lembar daun pandan, dan ¼ sendok teh garam.

Cara membuat tiwul yang pertama adalah dengan memanaskan dandang atau kukusan terlebih dahulu. Gunakan daun pisang sebagai tatakannya agar memberikan aroma dan flavor yang khas. Perlahan-lahan, masukkan butiran tepung singkong atau tepung gaplek ke dalam dandang. Berikan daun pandan di atasnya.

Tambahkan gula merah yang sudah diserut ke atas tepung gaplek secara merata. Anda tidak perlu meratakannya dengan sendok atau alat lainnya. Yang penting, sudah ada bagian yang terkena gula merah walaupun tidak tertutup sepenuhnya.

Kukus tiwul selama kurang lebih satu jam. Jika sudah matang, tekstur tiwul akan berubah menjadi lebih gembung dan warnanya akan kecokelatan. Gula merah juga akan leleh di beberapa bagian. Angkat tiwul dari dandang.

Kukus juga kelapa yang sudah diparut dengan daun pandan dan garam. Tidak perlu lama-lama, cukup 15 menit saja. Angkat. Sajikan tiwul dengan parutan kelapa di atasnya.

 

Loading...
Loading...