Sederhananya Hidroponik Portabel


Pertanianku – Pernahkah Anda berkunjung ke kebun hidroponik? Di sana pasti disuguhi pemandangan hamparan sayuran hijau yang tersembul menyesaki di lubang-lubang yang dibuat di talang air atau pipa PVC. Atau sayuran yang tumbuh berhimpitan di lubang-lubang styrofoam mengapung di bak air. Untuk penanamannya pun dibutuhkan ruangan yang disebut greenhouse.

Hidroponik Sederhana karena Portabel

Terbayang di dalam benak Anda bahwa instalasi hidroponik itu rumit dan sulit, identik teknologi yang sulit dan mahal. Ya, untuk mengoperasikan kebun hidroponik memang dibutuhkan peralatanperalatan yang canggih. Di antaranya sprinkler, heater, ventilator, dan sistem fertigasi. Begitu pula bahan-bahan, alat-alat, dan cara merakitnya. Belum lagi cara kerja dan kendalanya.

Kini, Anda tidak perlu lagi membayangkan kerumitan itu karena sudah ada instalasi hidroponik portabel. Apa itu hidroponik portabel? Hidroponik portabel adalah sebuah instalasi hidroponik yang sederhana (tidak rumit) sehingga dapat dilakukan oleh siapa pun, baik yang sudah tahu maupun yang awam tentang cara budidayahidroponik. Misalnya, Anda memiliki instalasi hidroponik portabel ini di rumah, suatu ketika dipinjam oleh saudara atau orang lain, maka mereka bisa langsung memasang dan mengoperasikannya. Begitu selanjutnya, ketika instalasi hidroponik portabel ini dikembalikan kepada Anda, si peminjam bisa membongkarnya dengan mudah.

Keuntungan dari perangkat ini adalah Anda dapat membawa instalasi hidroponik ke mana saja dan di mana saja. Maksudnya, instalasi hidroponik ini dapat dipindah tempat sesuai dengan keinginan. Bagian-bagian pembentuk instalasi hidroponik dapat dibongkar, lalu tanpa kesulitan dipasang kembali. Ketika instalasi hidroponik sudah jadi, maka siap digunakan untuk membudidayakan tanaman.

 

Sumber: Buku Hidroponik Portabel

Baca Juga:  Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik
loading...
loading...