Sedikit Peminat, Peluang Bisnis Sektor Pertanian Jadi Sangat Besar


Pertanianku Sektor pertanian seringkali dipandang sebelah mata dan dianggap sebagai pekerjaan yang kurang prestisius. Hal tersebut menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi siapa pun yang memilih profesi sebagai petani. Terutama, di era digital seperti sekarang ini.

Sektor pertanian
Foto: Dok. Pertanianku20

Dengan kemudahan akses internet dan perkembangan teknologi yang semakin maju, kegiatan bertani jadi semakin mudah. Keuntungan lainnya, yaitu Anda tidak perlu bekerja di bawah tekanan bos di kantor serta penghasilan yang didapat pun sepenuhnya jadi hak milik Anda.

Banyak produk yang bisa Anda hasilkan dari kegiatan bertani seperti buah-buahan, sayuran, dan bahan pangan lainnya yang bernilai ekonomis. Selain itu, jika Anda teliti kembali, sektor pertanian tak akan pernah mati. Pasalnya, setiap manusia membutuhkan hasil dari pertanian itu sendiri. Oleh karena itu, Anda dipastikan tidak akan merugi dan justru mendapat banyak keuntungan.

Kegiatan bertani juga kian praktis dengan adanya mesin-mesin yang dapat menunjang dan memudahkan pekerjaan Anda. Bahkan, jika tidak memiliki lahan yang cukup untuk bertani, Anda bisa memanfaatkan lahan sempit di halaman atau pekarangan rumah (urban farming) dengan menggunakan sistem hidroponik, akuaponik, dan banyak lagi.

Ditambah lagi, Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang melimpah dan memiliki tanah yang subur sehingga menjadi hal yang paling menguntungkan bagi masyarakatnya. Tanaman dapat dengan mudah tumbuh di tanah air kita yang tercinta. Bahkan, Indonesia sekarang ini sedang dalam misi menjadi lumbung pangan dunia 2045.

Oleh karena itu, generasi muda atau yang akrab disebut kaum milenial diharapkan mau menjadi generasi penerus di industri pertanian. Mampu mengisi kekurangan jumlah petani yang ada saat ini dan turut melancarkan misi Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045 mendatang.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Buah Busuk