Segmen Usaha Gurami yang Menguntungkan

Pertanianku — Gurami merupakan ikan yang memiliki masa tumbuh relatif lama. Bayangkan saja untuk mendapatkan ikan gurami yang sudah siap konsumsi membutuhkan waktu 12—15 bulan. Jika pembudidaya hanya mengandalkan keuntungan dari penjualan ikan gurami siap konsumsi, perputaran uang akan menjadi lama. Dengan adanya pembagian segmen usaha gurami akan membuat perputaran uang menjadi lebih cepat.

segmen usaha gurami
foto: pertanianku

Segmen usaha gurami pada umumnya terdiri atas beberapa bagian, yaitu telur, kuku, silet/korek, bungkus rokok, dan konsumsi. Setiap segmen memiliki tantangannya masing-masing. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Telur

Loading...

Berbeda dengan beberapa ikan air tawar lainnya, telur ikan gurami memiliki nilai ekonomis untuk dijual. Ikan gurami dijual kepada konsumen untuk dibesarkan. Untuk memproduksi telur gurami yang laku di pasaran dan bernilai ekonomi tinggi, harus memiliki beberapa kriteria.

Kuku

Kuku bukanlah bagian dari tubuh ikan gurami. Kuku hanya sebuah istilah yang menggambarkan besaran benih ikan gurami yang seukuran kuku kelingking atau kuku jempol. Biasanya bobot ikan pada tahap kuku sebesar 0,5—1 gram per ekor. Lama pemeliharaan dari telur hingga mencapai kuku adalah selama 1—2 bulan.

Segmen kuku tidak memerlukan lahan yang luas. Pembudidaya dapat memanfaatkan baskom atau membuat kolam terpal yang tidak begitu besar.

Silet/korek

Pembudidaya yang membesarkan dari ukuran kuku ke ukuran silet/korek akan membutuhkan waktu selama 2—3 bulan dan berbobot 20 gram per ekor. Sementara, jika pembesaran dilakukan dari telur, waktu yang dibutuhkan akan selama 4—5 bulan. Pembesaran benih gurami ukuran silet membutuhkan pakan alami atau dari hasil pemupukan dan sisa pakan usaha ayam broiler yang disebut sebagai postal.

Bungkus rokok

Benih berukuran bungkus rokok akan memiliki bobot sekitar 75—100 gram. Untuk membesarkan benih hingga seukuran bungkus rokok, biasanya para pembudidaya akan menggunakan benih ukuran silet atau korek.

Baca Juga:  Budidaya Artemia di Tambak Menjadi Penghasilan Tambahan Penambak Garam

Tampelan

Pada segmen tampelan, gurami akan memiliki bobot sekitar 200—250 gram per ekor dan biasanya dibesarkan dari ukuran bungkus rokok selama dua bulan. Benih tampelan merupakan benih yang sudah siap untuk dibesarkan menjadi ikan siap konsumsi.

Daging atau konsumsi

Ukuran gurami yang siap dikonsumsi adalah sebesar 500—800 gram per ekor dengan lama pemeliharaan dari ukuran tampelan selama 5—6 bulan. Pakan yang diberikan berupa daun-daunan seperti daun sente, pelet, dan daun singkong.

Loading...
Loading...