Segmentasi Usaha Beternak Itik

Pertanianku — Segmentasi usaha beternak itik ada banyak. Segmentasi ini membantu para peternak untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Banyaknya segmentasi usaha beternak itik membuat peluang usaha menjadi relatif menjanjikan. Selain itu, permintaan itik di Indonesia masih terbilang tinggi. Tak heran, sudah banyak orang yang mulai berbisnis itik.

beternak itik
foto: pertanianku

Apalagi, saat ini teknologi sudah lebih pesat, baik teknologi peternakan maupun teknologi informasi yang dapat memudahkan para pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya.

Segmentasi usaha beternak itik terbagi menjadi 6 segmen, yaitu bibit/DOD (day old duck), telur, daging, bulu, kotoran, dan itik dara.

Loading...

Bibit/DOD (day old duck)

Ada banyak peternak yang belum sanggup menghasilkan bibit sendiri sehingga membutuhkan pasokan bibit dari pembibitan itik. Dengan begitu, semakin meningkatnya peternakan pembesaran itik membuat bisnis bibit menjadi naik. Faktanya, bisnis produksi DOD memang menggiurkan.

Telur itik

Telur itik merupakan sumber protein hewani yang populer di kalangan konsumen karena nilai gizinya lebih lengkap dengan harga yang relatif murah. Telur itik menjadi telur konsumsi kedua yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Telur tetas berasal dari induk itik yang sudah dibuahi oleh induk jantan atau fertil. Sementara itu, telur yang digunakan untuk konsumsi merupakan telur yang didapatkan tanpa dibuahi oleh itik jantan atau infertil.

Itik pedaging

Daging itik memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh unggas lain, yaitu tekstur daging lebih kenyal dengan rasanya yang lebih gurih. Daging itik dipercaya berkhasiat untuk mengatasi beberapa permasalahan kesehatan seperti suara serak, menghilangkan gas dalam lambung, menggemukkan, dan menguatkan badan. Sementara itu, lemak yang terkandung di dalam daging itik berguna untuk menghaluskan kulit.

Baca Juga:  Penyimpanan Pakan Ayam Tidak Boleh Sembarangan

Itik dara

Itik dara yang sudah berusia 4—6 bulan bisa langsung dijual. Itik tersebut sudah siap bertelur  dan biasanya pembelinya merupakan peternak itik petelur yang ingin mendapatkan telur itik. Peternak tersebut hanya menginginkan telurnya sehingga membutuhkan itik yang tidak membutuhkan waktu pemeliharaan yang terlalu lama untuk bertelur.

Bulu itik

Bulu itik juga bisa menjadi sumber penghasilan karena kerap dijadikan bahan baku untuk kerajinan tangan, perabotan rumah, dan shuttle cock untuk bermain bulu tangkis.

Kotoran

Kotoran itik sama seperti kotoran hewan ternak lainnya yang bisa diolah menjadi pupuk kandang yang sangat berguna untuk menjaga kesuburan tanah.

 

Loading...
Loading...