Segmentasi Usaha Ikan Patin Perkasa yang Menjanjikan

Pertanianku — Ikan patin perkasa merupakan ikan patin siam unggulan yang diresmikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 2017. Ikan ini memiliki keunggulan berupa pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan ikan patin lainnya. Selain itu, daya tahan ikan patin perkasa juga lebih baik. Budidaya ikan patin terbagi menjadi tiga segmentasi usaha. Ketiga segmentasi usaha ikan patin perkasa sama-sama menguntungkan.

patin perkasa
foto: https://bppisukamandi.kkp.go.id/

Anda, sebagai pembudidaya bebas menentukan segmentasi usaha ikan patin perkasa mana yang akan dijalankan sesuai dengan kemampuan dan kondisi. Berikut ini beberapa ulasan mengenai segmentasi usaha yang bisa dipilih.

Segmentasi pembenihan

Loading...

Tidak semua pembudidaya mampu melakukan pembenihan karena dibutuhkan adanya teknik khusus. Jika sudah piawai melakukan pemijahan ikan, Anda bisa mencoba untuk membenihkan ikan patin perkasa. Pembenihan bisa dilakukan di kolam tembok, keramba jaring apung, ataupun kolam tanah.

Induk yang digunakan harus sehat dan dalam kondisi yang baik agar mampu menghasilkan telur yang bagus. Induk diberikan pakan komersial yang mengandung protein hingga 28 persen.

Pendederan tahap II

Benih yang sudah menetas akan didederkan melalui dua tahap. Anda bisa memulai usaha dari pendederan tahap II hingga benih ikan patin perkasa siap dibesarkan di dalam kolam pembesaran. Sementara itu, pendederan tahap I masuk dalam segmentasi usaha pembenihan karena berlangsung dari larva ikan berumur 0—30 hari atau 4 minggu.

Pendederan tahap II dilakukan di kolam yang berada di luar ruangan. Lokasi kolam harus bebas dari banjir dan bahan pencemar. Kontur tanah yang digunakan harus stabil serta sumber air tercukupi sepanjang tahun dan terbebas dari pencemaran.

Pembesaran ikan patin

Usaha budidaya ikan patin perkasa juga bisa dilakukan dari pembesaran untuk menyiapkan ikan patin berukuran konsumsi. Pembesaran bisa dilakukan di dalam kolam, keramba jaring apung, atau keramba sangkar.

Baca Juga:  Cara Menjaga Daya Tahan Lele di Musim Hujan

Kolam yang digunakan memiliki ukuran idealnya yang disesuaikan dengan jenis kolam masing-masing. Selama proses pembesaran, Anda harus memerhatikan kualitas pakan, grading, dan kualitas air serta lingkungan di tempat pembesaran demi kelancaran usaha budidaya.

Loading...
Loading...