Segmentasi Usaha Ternak Itik yang Bisa Dipilih

Pertanianku — Ternak itik memang tidak sepopuler hewan ternak lainnya, tetapi permintaan terhadap komoditas ini sama tingginya dengan ternak yang lain. Ada empat segmentasi usaha ternak itik yang bisa dipilih oleh calon peternak, keempat segmentasi tersebut pasti bisa mendatangkan keuntungan jika peternak sudah mengenali dengan baik segmentasi yang dipilih.

usaha ternak itik
foto: Pertanianku

Bisnis bibit

Maraknya peternakan itik juga mendorong pertumbuhan kebutuhan bibit atau DOD (day old duck). Bagi sebagian peternak tentu ini menjadi peluang yang baik, produsen DOD juga bisa dilakukan bersamaan dengan produksi telur tetas.

Peternak telur tetas hanya perlu menambah sedikit modal untuk membeli mesin tetas untuk mendapatkan DOD. Setelah itu, bibit itik sudah bisa dijual saat berusia 1—4 minggu.

Bisnis telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang sudah populer di masyarakat. Telur sering dipilih karena dianggap kaya akan protein, lezat, dan murah. Telur itik juga mengandung kalori dan lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur.

Telur tetas merupakan telur yang berasal dari induk itik yang sudah dibuahi oleh itik jantan. Sementara itu, telur konsumsi merupakan telur yang berasal dari peternakan intensif yang tidak bisa ditetaskan karena tidak bisa dibuahi. Peternak yang mengambil segmentasi bisnis telur bisa menjual kedua jenis telur tersebut agar keuntungan yang didapatkan jauh lebih besar.

Bisnis itik pedaging

Daging itik sudah memiliki penggemarnya tersendiri sehingga permintaan daging itik tidak pernah ada habisnya. Daging itik memang terasa lezat dan kaya dengan lemak esensial omega-6 dan omega-3. Daging itik juga dipercayai memiliki khasiat seperti memperhalus kulit, menguatkan badan, menghilangkan gas di dalam lambung, dan menggemukkan badan.

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki itik pedaging itulah yang membuat permintaan daging itik terus meningkat.

Baca Juga:  Jaga Produksi Telur dengan Peremajaan Ayam Kampung

Bisnis itik dara

Itik dara merupakan itik yang sudah siap bertelur. Itik yang dijual merupakan itik yang sudah berumur 4—6 bulan. Pembeli itik dara merupakan peternak itik petelur dan tidak memiliki waktu pemeliharaan yang lama. Perawatan itik dara relatif lebih mudah dan murah dibandingkan memelihara itik sejak DOD.

 


loading...