Segudang Khasiat Susu Kambing yang Menakjubkan


Pertanianku — Tingginya permintaan susu kambing di pasaran tentunya bukan tanpa sebab. Segudang khasiat susu kambing itu sendiri menjadi salah satu alasan terkuatnya. Susu kambing diketahui memiliki kandungan gizi lengkap dan baik untuk kesehatan.

Segudang khasiat susu kambing
Foto: Shutterstock

Susu kambing mengandung 22 jenis asam amino, termasuk di antaranya 8 asam amino esensial seperti isoleusin, leusin, dan fenilalanin. Berikut ini beberapa khasiat menyehatkan yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi susu kambing.

  1. Menyembuhkan asma akibat alergi

Penderita asma karena alergi kondisinya dapat membaik berkat susu kambing. Dengan kandungan nutrisi lengkap, susu kambing berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga alergi pun menyingkir. Kandungan magnesium, klorida, dan selenium pada susu kambing bagus untuk mengatasi alergi.

  1. Menyembuhkan gangguan pencernaan

Proses enzimatis selama fermentasi dalam pembuatan kefir dapat menyederhanakan nutrisi susu kambing. Dengan begitu, penyerapan susu kambing menjadi lebih cepat sehingga kefir baik untuk terapi gangguan pencernaan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Selain dikonsumsi, susu kambing juga baik diaplikasikan untuk perawatan kulit. Sabun yang terbuat dari campuran susu kambing memiliki tingkat keasaman yang menyamai kulit. Efeknya, terasa lembut di kulit dan tidak menimbulkan iritasi.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa penggunaan sabun dengan ekstrak susu kambing dapat memulihkan kelainan kulit seperti psoriasis dan eksema. Itu karena susu kambing memiliki globula lemak kecil yang akan masuk ke pori-pori kulit sehingga kulit menjadi lebih halus.

  1. Meningkatkan kepadatan tulang

Sebuah riset dilakukan terhadap 195 perempuan remaja usia 10—12 tahun. Dalam riset itu, peneliti membagi objek penelitian menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok yang diberi keju susu kambing, preparat kalsium, preparat mineral kalsium ditambah vitamin D, dan plasebo. Hasil penelitian menunjukkan kelompok yang mengonsumsi keju susu kambing memiliki total kepadatan tulang yang lebih padat dan korteks (bagian luar) tulang lebih tebal.

  1. Mempercepat pembakaran lemak
Baca Juga:  Besarnya Peluang Usaha Ayam Kampung Joper

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, susu kambing terbukti dapat mempercepat pembakaran lemak. Penelitian itu membuktikan, kelompok yang diberikan kalsium alami tinggi yang bersumber dari susu kambing menghasilkan pembakaran lemak 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan kelompok penelitian lain yang tidak diberi asupan susu kambing.

  1. Menurunkan tekan darah dan risiko stroke

Dilihat dari kandungan gizinya, susu kambing tidak kalah dengan susu sapi. Kurangnya minat untuk mengonsumsi susu kambing salah satu alasannya adalah susu kambing tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Mitos itu keliru. Kandungan kalium pada susu kambing justru berfungsi menstabilkan tekanan darah, mengatur fungsi kerja jantung, dan menekan risiko anteriosklerosis.

  1. Membantu pemulihan pasca-operasi

Faedah lain susu kambing, yakni dapat memulihkan kesehatan pasca-operasi. Anda hanya perlu rutin mengonsumsi segelas susu kambing (400 ml) setiap hari, maka fisik Anda akan menjadi prima. Luka bekas operasi juga bisa sembuh hanya dalam waktu sebulan.

loading...
loading...