Segudang Manfaat Okra untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku — Okra merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia, tetapi tidak semua orang pernah mencicipi sayuran ini. Manfaat okra sangat baik untuk kesehatan sehingga berpotensial untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sayuran okra lebih terkenal di Malaysia, Singapura, Srilanka, Eropa, Brazil, India, Jepang, dan negara lain.

manfaat okra
foto: Pertanianku

Tanaman sayur ini terkenal sebagai tanaman multiguna. Hal ini karena hampir seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan. Buahnya berfungsi sebagai sumber serat.

Okra terkenal sebagai sumber serat dan protein yang baik bagi tubuh. Indeks glikemik  (angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah di dalam karbohidrat pada bahan pangan) rendah. Selain itu, okra juga mengandung folat dan vitamin C dan K yang cukup tinggi. Kandungan serat di dalam okra berguna untuk melindungi kesehatan sistem pencernaan.

Dari segi bentuk ataupun cita rasa, sayuran okra sepintas mirip oyong. Hanya saja, okra memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu sekitar 12—15 cm.

Di dalam buah okra terkandung zat yang mampu mengikat karsinogen penyebab kanker di dalam saluran pencernaan.

Okra juga terkenal mampu mencegah diabetes karena mengandung serat yang cukup tinggi sehingga kadar gula darah menjadi lebih stabil. Okra termasuk sayuran hijau yang kaya serat dan glutation yang mampu mencegah diabetes.

Manfaat okra lainnya yang tidak kalah bagus ialah mampu mencegah asma dan kandungan vitaminnya berguna untuk melindungi kesehatan kulit.

Khasiat okra terletak pada biji tanaman yang mengandung banyak asam lemak tak jenuh, seperti asam oleat dan asam linoleat. Kandungan lain yang terdapat di dalam biji okra ialah protein, lemak, serat, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalium, natium, magnesium, kalsium, besi, dan seng. Selain itu, okra mengandung antioksidan, polyphenol, dan falaonid yang mampu mencegah stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit diabetes dan alzhemeir.

Baca Juga:  Faktor-faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Proses Pembuatan Kompos

Uniknya, biji okra bisa dikonsumsi seperti sereal sarapan. Jadi, Anda dapat mengonsumsi tanaman sayur okra dengan cara yang berbeda.