Segudang Manfaat Sereh untuk Kesehatan


Pertanianku — Ada segudang manfaat sereh untuk kesehatan. Sereh atau juga banyak disebut serai merupakan tanaman herbal dari keluarga rumput-rumputan, Poaceae. Tanaman sereh berbatang kasar, berumbai dengan daun tengah yang tumbuh pada tandan yang tebal.

segudang manfaat sereh
Foto: Google Image

Sereh adalah gudang nutrisi aromatik penting yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Sereh juga merupakan sumber vitamin penting seperti vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (pyridoxine), folat, dan vitamin C.

Selain itu, sereh juga menyediakan mineral penting seperti potasium, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, zinc/seng, dan zat besi yang dibutuhkan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari sereh.

  1. Meningkatkan jenis kolesterol sehat (HDL)

Sereh memiliki sifat antihiperlipidemia dan hiperkolesterolemia, yaitu mendukung kadar kolesterol yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sereh secara rutin dapat mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Ini akan membantu mencegah akumulasi lipid dalam pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah yang terhalang di arteri sehingga dapat mencegah aterosklerosis dan berbagai gangguan jantung.

  1. Detoksifikasi

Karena sifat diuretiknya, sereh dapat membantu membersihan racun berbahaya yang ada di dalam tubuh. Detoksifikasi akan membantu kelancaran fungsi berbagai organ tubuh, termasuk hati dan ginjal serta membantu menurunkan kadar asam urat. Efek diuretik sereh akan membantu meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil sehingga juga membantu menjaga kesehatan pencernaan.

  1. Antikanker

Sereh efektif untuk mengobati berbagai jenis kanker tanpa memengaruhi sel-sel tubuh yang normal dan sehat. Penelitian membuktikan aktivitas antikanker pada sereh telah menunjukkan hasil menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit. Penelitian lain juga telah menunjukkan sereh membantu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker hati fase awal.

  1. Mengatasi demam
Baca Juga:  Jangan Makan Alpukat Berlebihan, Ini Efek Sampingnya!

Sereh dikenal memilik efek yang menguntungkan untuk menurunkan demam, yaitu efek antipiretik (mengeluarkan keringat). Sereh secara luas digunakan dalam pengobatan untuk menyembuhkan demam, yaitu untuk merangsang keluarnya keringat.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan

Sereh dapat membantu memulihkan sistem penting dalam tubuh seperti pencernaan, respirasi, ekskresi, dan sistem saraf. Sereh juga membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik, serta memperkuat mekanisme sistem kekebalan tubuh.

loading...
loading...