Sehatnya Sayuran Yang Ditanam Secara Organik

0

Pertanianku – Setiap jenis sayuran memiliki karakteristik dan kandungan yang berbeda-beda. Kandungan zat-zat di dalam sayuran dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Apalagi sayuran yang ditanam secara organik, umumnya tidak mengandung residu bahan kimia di dalamnya.

Sayuran Organik

Pertanian organik diartikan sebagai suatu sistem produksi pertanaman yang menitikberatkan pada daur ulang hara secara hayati. Daur ulang hara bisa melalui limbah tanaman atau ternak yang mampu memperbaiki kesuburan tanah. Pada dasarnya budi daya organik adalah meniadakan atau mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh penggunaan bahan kimiawi.

Aplikasi pupuk organik, pupuk hayati, dan biopestisida pada sayuran memiliki berbagai keunggulan nyata dibandingkan pupuk kimia dan pestisida kimia. Oleh karena itu, konsep pada penanaman sayur secara organik adalah menekan semaksimal mungkin penggunaan pupuk kimia dan pestisida kimiawi.

Tanaman sayuran berperan penting dalam kehidupan sehari-hari.  Sayuran memiliki kadar air yang tinggi, nutrisi, pembentuk sifat basa, kaya akan vitamin dan mineral, rendah kalori, serta kaya akan serat. Dengan kandungannya tersebut, sayuran dipercaya memiliki berbagai khasiat yang baik bagi tubuh, di antaranya bisa mencegah maupun mengobati berbagai penyakit.

 

Sumber: Buku 15 Sayuran Organik dalam Pot

 

loading...
loading...