Sejarah beternak Domba


Pertanianku – Beternak domba merupakan salah satu usaha yang dapat diandalkan untuk meningkatkan kehidupan peternak karena keunggulannya. Akan tetapi, sebelum mempelajari tentang beternak domba hendaknya perlu diketahui terlebih dahulu mengenai sejarah atau asal-usul domba serta prospek dan keuntungan dalam beternak domba.

Sejarah beternak Domba

Untuk mengetahui asal-usul domba yang kini dipelihara di berbagai penjuru dunia tidaklah mudah, termasuk di Indonesia. Hal tersebut karena jumlah dan jenis domba yang diternakkan sangat banyak. Namun, para ahli menduga bahwa semua domba yang ada sekarang berasal dari domba primitif yang masih liar. Domba liar tersebut digolongkan sebagai berikut.

1) Ovis musimon, hidup liar di Eropa Selatan dan sebagian Asia. Domba ini termasuk kelompok domba liar yang berbadan kecil.

2) Ovis ammon, berasal dari Asia Tengah. Kelompok ini termasuk domba yang berbadan besar dan tinggi.

3) Ovis vignei, berasal dari Asia. Ketiga kelompok domba liar ini akhirnya berkembang biak menjadi beratus-ratus tipe dan jenis domba piaraan. Bahkan, diduga manusia lebih dulu mendomestifikasi dan menjinakkan domba daripada sapi.

 

Sumber: Buku Beternak Domba

Baca Juga:  Ternyata Ini Fungsi Jenggot yang Dimiliki Hewan
loading...
loading...