Mengenal Sejarah Jamur


Pertanianku – Menurut sejarah jamur dulu dijadikan sebagai hidangan populer bagi para raja di Mesir. Kini, jamur populer di masyarakat dan banyak disajikan dalam berbagaimenu makanan yang lezat. Bahkan, ada beberapa di antaranya berperan sebagai herbal. Jamur mulai dikenal sebagai bahan pangan sejak 3.000 tahun lalu.

Potensi Domestik Jamur

 

Saat itu, jamur digunakan sebagai hidangan populer bagi para raja di Mesir. Masyarakat umum pada masa itu dilarang mengonsumsi jamur karena ketersediaannya masih terbatas.Berkat kelezatannya, jamur tiram diabadikan  dalam bentuk relief di salah satu bagian gereja Prague Castle di Saint Vitus Cathedral di kota Praha. Relief ini dibuat tahun 925 SM, bercerita mengenai ratu pertama yang menganut agama Nasrani. Keluarga kerajaan merayakannya dengan menikmati kelezatan hidangan jamur tiram.

Legenda Jamur

Jamur juga dikonsumsi untuk pengobatan herbal bagi para raja dan bangsawandi negeri Cina pada masa Dinasti Shu atau sekitar 2.400 tahun lalu. Jamur yang digunakan saat ituadalah jamur ling zhi. Selain jamur ling zhi,jamur kuping juga sudahdimanfaatkan sebagaibahan obat herbal.Beberapa bangsa di dunia seperti Yunani,Rusia, dan Meksikopercaya bahwa mengonsumsi jamur dapat memberikan kekuatan super. Jamur yang mereka konsumsi umumnya diperoleh dari kayu-kayu lapuk saat pergantian musim.

Mengenal Sejarah Jamur

 

Sumber: Buku Agriflo Jamur

Baca Juga:  Yuk, Lihat Kentang Terbesar di Dunia
loading...
loading...