Sejukkan Rumah dengan Menanam Pohon Anggur di Pekarangan

Pertanianku — Pekarangan pada umumnya merupakan areal yang tidak cukup besar dari sebuah rumah. Sebagian besar masyarakat memanfaatkan pekarangan untuk menanam tanaman agar rumah terlihat lebih indah dan asri. Salah satu tanaman yang wajib Anda coba adalah pohon anggur. Menanam pohon anggur cukup mudah dilakukan. Tanaman anggur bisa ditanam di pot ataupun langsung di lahan.

menanam pohon anggur
foto: Pertanianku

Bahan yang diperlukan untuk menanam pohon anggur tidak begitu rumit. Anda hanya perlu menyiapkan bibit berkualitas, lalu siapkan media tanam yang sesuai dengan anggur, tiang panjatan, dan pot sebagai wadahnya.

Pohon anggur merupakan tanaman merambat yang bisa Anda bentuk sendiri sesuai dengan selera sehingga lebih indah dipandang. Pohon anggur yang ditanam di pekarangan bisa digunakan untuk melindungi pekarangan rumah yang terlalu gersang.

Kelebihan lain yang dimiliki dari pohon anggur ialah mampu menghasilkan buah yang bagus sehingga bisa menambah kecantikan dari pohon buah tersebut.

Tanaman anggur berbuah sepanjang tahun dan buahnya bisa dipanen berkali-kali. Cara memeliharanya sangat mudah karena pohon anggur dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Budidaya anggur di pekarangan dibahas lebih detail dalam buku Bertanam Anggur di Pekarangan.

Buah anggur mampu bertahan selama enam bulan tanpa mengalami penurunan kualitas rasa. Jadi, kalau ada kelebihan panen anggur, Anda bisa menyimpan buah ini untuk jangka waktu yang cukup panjang.

Anggur yang ditanam di pekarangan cenderung lebih sering digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik rumah. Hal tersebut membuat pohon anggur harus mendapatkan sedikit sentuhan seni pemangkasan dan pembentukan cabang pohon agar terlihat indah.

Bukan saja mampu memperindah penampilan pekarangan dan menghasilkan buah, menanam pohon anggur di pekarangan dapat menjadi media untuk mengatasi stres. Misalnya, sedang penat dengan pekerjaan, Anda bisa memilih untuk rehat sebentar untuk merawat pohon anggur sambil menghirup udara segar dari lingkungan pekarangan yang asri.

Baca Juga:  Buah Segar yang Bagus untuk Menjaga Imun Tubuh

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan menanam anggur di pekarangan rumah. Informasi lebih lanjut mengenai penanaman anggur dapat Anda simak dalam buku Bertanam Anggur di Pekarangan terbitan Penebar Swadaya. Untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi, silakan menghubungi langsung WhatsApp admin Penebar Swadaya.