Sejuta Manfaat Bunga Alamanda yang Mengejutkan


Pertanianku — Selain cantik, tanaman hias bunga alamanda juga ternyata punya sejuta manfaat untuk kesehatan. Allamanda cathartica merupakan tanaman hias yang juga sering disebut dengan nama terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup.

bunga alamanda
Foto: Pixabay

Berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dan banyak juga ditemukan di Brazil di mana bunga ini umum digunakan sebagai hiasan karena bentuknya sendiri yang indah. Bunga alamanda ini termasuk ke dalam suku Apocynaceae.

Seperti dilansir dari Obat Tradisional Penyakit Amandel, daun alamanda memiliki kandungan alkaloida (senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat di tumbuhan).

Kulit batang dan buahnya mengandung saponin. Kulit batangnya mengandung tannin. Sementara, buahnya mengandung flavonoida (senyawa kimia aktif yang dijadikan sebagai obat penyakit hati) dan polifenol (zat kimia yang memiliki sifat anti-oksidan).

Manfaat lainnya, yaitu getah bunga alamanda yang berwarna putih memiliki sifat antibakteri dan juga antibiotik sehingga dapat dijadikan sebagai obat penyakit kanker dan pencegah kuman atau bakteri. Bunga ini juga dapat digunakan untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa, serta dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kuning.

Daunnya digunakan untuk penawar racun dan dipakai sebagai ramuan herbal untuk penyakit bisul atau abses, eksim, dan kurap. Rasa daun bunga alamanda ini pedas, pahit, berkhasiat laksatif (pencahar) dan penyebab muntah (emetik).

Khasiat bunga alamanda untuk kesehatan

Berikut ini khasiat bunga alamanda lainnya beserta cara penggunaannya.

  1. Penawar racun

Sediakan 15 gram daun bunga alamanda segar cuci bersih dan rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit hingga mendidih. Dinginkan dan minumlah air rebusan daun bunga alamanda ini dua kali sama banyak dengan selang satu jam.

  1. Obat bisul dan kurap
Baca Juga:  Manfaat Kulit Biji Alpukat Ternyata Sangat Menyehatkan

Cuci bersih dan tumbuk halus bunga alamanda dan balurkan pada bagian yang terkena bisul tersebut.

  1. Mengatasi sembelit

Seduh daun alamanda, kemudian minum.

  1. Obat disentri

Batang tanaman bunga alamanda ini keras dan bergetah yang bisa dimanfaatkan untuk penyakit disentri.

  1. Obat penyakit kuning

Tidak hanya batang, daun dan bunganya, tapi akar bunga alamanda ini juga memiliki manfaat untuk pencegahan penyakit kuning.