Sekilas Menganai Memanen


Pertanianku – Hal yang sangat penting dalam pemanenan yaitu menentukan waktu panen dan cara panen. Waktu panen harus diperhatikan karena berhubungan dengan kualitas sayuran yang akan dipanen. Misalnya, sayuran yang terlalu cepat dipanen sebelum waktunya akan menurunkan kualitas sayuran, yaitu adanya rasa pahit saat sayuran tersebut dimasak.

Perencanaan Awal Dalam Budidaya Mentimun

Hal yang sangat penting dalam pemanenan yaitu menentukan waktu panen dan cara panen. Waktu panen harus diperhatikan karena berhubungan dengan kualitas sayuran yang akan dipanen. Misalnya, sayuran yang terlalu cepat dipanen sebelum waktunya akan menurunkan kualitas sayuran, yaitu adanya rasa pahit saat sayuran tersebut dimasak.

Sementara itu, sayuran yang terlambat di panen pun akan menurunkan kualitasnya, seperti terlalu keras. Waktu panen yang tepat dapat dilakukan berdasarkan kriteria fisik tanaman, seperti warna, bentuk, dan ukuran. Misalnya tanaman sawi harus segera dipanen bila daun terbawahnya sudah menguning. Hal ini menandakan fase generatif telah tiba dan bunga akan muncul. Sawi yang dipanen sebelum memasuki masa berbunga akan terlihat segar dan tidak kasar saat dikonsumsi. Sementara itu, buah cabai dapat dilihat dari warnanya yang merah menandakan waktu untuk dipanen.

Cara panen dari setiap jenis sayuran berbeda-beda. Pemanenan dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu petik, potong, dan cabut. Cara pemetikan dilakukan pada sayuran buah, seperti cabai, tomat, dan terung. Pemanenan dengan cara pemotongan dilakukan pada sayuran daun, seperti seledri, selada, dan bawang daun. Sementara itu, cara pencabutan dilakukan pada sayuran umbi, seperti wortel, lobak, bayam cabut, dan kangkung cabut.

Cara pemanenan yang benar dan hati-hati akan mencegah kerusakan tanaman yang dapat mengganggu produksi berikutnya. Cara pengambilan buah atau hasil panen perlu diperhatikan agar diperoleh produk yang bermutu, misalnya dengan menggunakan alat bantu pisau atau gunting panen.

Baca Juga:  Inovasi Pie Labu Bening Viral di Dunia Maya

Sumber: 15 Sayuran Organik dalam Pot

loading...
loading...