Sekilas Mengenal Biji Karet


Pertanianku – Biji merupakan salah satu alat pembiakan yang berasal dari bunga. Adapun bunga yang sempurna terdiri atas tiga bagian pokok, yaitu dasar bunga, perhiasan bunga, dan alat persarian. Biji karet merupakan hasil persarian dari alat persarian yang terdiri dari benang sari dan putik. Benang sari dan putik ini terdapat dalam satu bunga.

Sekilas Mengenai Biji Karet

Persarian pada bunga karet dibedakanmenjadi persarian sendiri dan persarian silang. Persarian sendiri terjadi apabila benang sari berasal dari bunga yang sama atau bunga lain, tetapi masih dalam satu pohon. Sedangkan persarian silang terjadi apabila benang sari berasal dari bunga lain pohon. Persarian silang inilah yang dapat membentuk klon karet baru. Persarian pada bunga karet dapat terjadi karena pengaruh angin, hujan, hewan, bahkan manusia.

Pemahaman tentang bagaimana mendapatkan klon karet baru, dapat dipermudah dengan mengetahui cara persarian ditinjau dari sudut asal usul persarian yang menghasilkan biji. Biji yang dihasilkan dibedakan atas tiga jenis, yaitu biji illegition, legition, dan propalegition.

Biji illegition merupakan biji yang dihasilkan dari penyerbukan silang di mana bunga betinanya diketahui dengan pasti, sedangkan bunga jantannya tidak diketahui. Contoh biji yang illegition adalah biji sapuan dari kebun karet tidak terpilih atau biji dari kebun klonal yang letaknya berdekatan dengan kebun karet tak terpilih. Biji legition merupakan biji yang diperoleh dari penyerbukan silang yang bunga betina dan jantannya diketahui dengan pasti. Contohnya adalah klon karet yang ditanam di kebun yang berdekatan dan kedua jenisnya diketahui.

Biji propalegition merupakan biji yang diperoleh dari penyerbukan silang di mana bunga betinanya diketahui, tetapi bunga jantannya tidak pasti. Biasanya biji seperti ini diperoleh dari kebun klonal yang ditanam berderet beberapa jenis sehingga biji yang dihasilkan itu tidak pasti dari kebun klonal jenis yang mana. Namun, biji yang terbentuk dapat dipastikan baik, tidak seperti biji illegition.

Baca Juga:  Produksi Pohon Kelapa Sawit Meningkat dengan Cara Ini

 

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Karet